Berita Terkini: Tim Sar Akan Amankan Ritual Malam 1 Suro Sambut 1 Muharam 1438 H !

0
2890
malam-1-suro-di-pantai
Copyright ©wordpress

Berita Terkini: Tim Sar Akan Amankan Ritual Malam 1 Suro Sambut 1 Muharam 1438 H !

Indowarta.com – Pada malam 1 Suro atau  1 Muharam yang biasanya dimanfaatkan oleh banyak orang dari masyarakaty untuk mendatangi tempat-tempat tertentu. Salah satu yang akan didatangi oleh masyarakat adalah patai Parangkusumo, Bantuln Yogyakarta, yang biasanya terus ramai warga yang berdatangan.

Sedangkan dari pihak komandan SAR pantai Parangtritis, Ali Joko Sutanto mengungkapkan, pihaknya kini sedang dalam tugas untuk pengawasan di malam 1 Suro, dan akan menerjunkan personil penuh untuk tugas kali ini.

Dari para personil tersebut juga menambah 17 orang juga digahabungkan dalam personel Polair Polda DIY. Penjagaan ini sangatlah penting mengingat gelombang yang ada di pantai selatan DIY tersebut sedang dalam kondisi tinggi.

“Pelru adanya pendampingan dari anggota SAR saat melakukan ritual kungkum atau mandi di laut,” katanya saat dihubungi Jumat (30/9/3016).

Dia juga menjelaskan, saat ini pada pantai Parangkusumo muncul sebuah palung lau yang akan dapat membahayakan orang yang sedang melakukan mandi ritual dengan air laut. Dan hal tersebut sewaktu-waktu dapat menyeret para pengunjung sedang melakukan ritual.

malam-1-suro
Copyright ©wongalus.wordpress

Karena banyak masyarakat yang berdatangan untuk mandi dilaut dalam malam 1 Suro ini. Tidak hanay itu mereka juga melakukan pelepasan sesaji yang mereka lakukan dilaut. Dan hal inilah yang menjadikan para petugas harus selalu mewaspadai jika ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Ali juga menegaskan, sebelum melakukan ritual yang akan dilakukan di laut pada malam 1 Suro tersebut, sebaiknya para warga malapor kepada petugas SAR yang ada di lokasi. Sehingga mereka dapat melakukan pendataan terlebih dahulu.

Pihaknya juga mengatkan kalau sampai saat ini, tidak ada insiden yang tidak diinginkan ketika para warga melakukan ritual pada malam 1 Suro di pantai Parangkusumo. Karena warga sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan petugas.

“Pantauan utama di sekitar pantai Parangkusumo, dan kami berharap tidak ada peristiwa yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Sedangkan sekertaris SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul Surisdiyanto mengungkapkan, untuk menyambut datangnya malam 1 Suro, seluruh personel dari tim SAR akan melakukan siaga penuh. Personel yang berjumlah 55 orang ini akan melakukan tugasnya dengan melakukan penjagaan terhadap para warga yang akan melakukan ritual.

baca juga : Tahun Baru Hijriyah 1438 1 Muharam Jatuh Pada Besok Pada Tanggal 2 Oktober 2016 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here