Berita Terkini: Gaji Ribuan PNS Di Banyuwangi Tak Kunjung Cair, Ada Apa?

0
2197
THR PNS

PNS Pemkab Banyuwangi Harus Sabar, Gaji Molor 1 Pekal Lagi !

indowarta.com– Pencairan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Banyuwangi terkendala. Pasalnya terjadi perombakan organisasi perangkat daerah. Sehingga gaji kalangan PNS tertunda hingga 1 pekan.

Jumlah PNS di lingkungan Pemkab Banyuwangi adalah 11.459 orang. Dengan perincian guru SD dan SMP sebanyak 6.819 orang, staf SKPD 3860 orang, pejabat struktural sebanyak 780 orang. Saat ini mereka harus bersabar menunggu pencairan gaji.

Djajat Sudrajat selaku Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) mengatakan adanya perombakan OPD membuat beberapa hal harus terkena imbasnya. Seperti pembentukan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) baru, dan pelemburan satuan kerja perangkat daerah ke instansi lain.

WAJIB BACA :  Berita Terkini : Pangkas PNS Berarti Sama Dengan Meringankan APBN !
menpan-kaji-peraturan-pemerintah-tentang-layanan-publik-tetap-buka-di-hari-sabtu-minggu-jam-kerja-pns-ditambah
Copyright©PortalPNS

Dampak yang terkait dari pembentukan dan peleburan SKPD adalah pada personel yang bertugas di instansi tersebut. Contohnya jika si A bekerja di dinas kebersihan dan pertamanan. Kini fungsi instansi tersebut dilebur atau dijadikan satu ke sejumlah dinas. Sehingga ia harus pindah tigas ke dinas lingkungan hidup (DLH).

Beberapa PNS juga mengalami promosi jabatan seiring dengan adanya aturan OPD baru. Tentu ini membutuhkan perhitungan ulang terkait anggaran gaji di dokumen pelaksanaan anggaran masing- masing SKPD nya.

Sebagai Sekkab, kini badan kepegawaian dan diklat (BKD) sedang menyelesaikan data tentang penempatan semua staf di Pemkab Banyuwangi. Dari agendanya hari kemarin 3 Januari 2017 tentang surat keputusan (SK) personel, dari staf sampai pejabat di tiap SKPD harus selesai. Sedangkan hari ini tengah diproses badan pengelolaan keuangan dan aset daerah (BPKAD).

WAJIB BACA :  Soal THR dan Gaji Ke-13 PNS Sampai Libur Lebaran Ditambah 2 Hari

Samssudin selaku Kepala BPKAD mengatakan akan segera menyelesaikan pencairan gaji PNS usai menerima SK semua anggota dari BKD. Dia memperkirakan pencairan gaji PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan selesai minggu depan.

Seperti yang dikatakan, setelah SK diterima, tim akan melakukan validasi data dengan belanja gaji yanga da di DPA setiap SKPD. Dua hari proses validasi akan selesai. Setelah proses tersebut, tim akan menerbitkan sistem informasi gaji.

baca juga :

Berita Terkini: Rohadi, PNS PN Jakut Ini Divonis 7 Tahun Penjara Usai Terima Suap Dari Kasus Saipul Jamil !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here