Ini Alasan mendikbud Beri Pilihan Mata Pelajaran Ujian Nasional Bagi Siswa SMA !

    0
    1736
    Ujian nasional
    Copyrigth©ultraimg

    Ini Alasan mendikbud Beri Pilihan Mata Pelajaran Ujian Nasional Bagi Siswa SMA !

    Indowarta.com– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan surat edaran mengenai Ujian Nasional tahun 2017. Dalam surat edaran tersebut telah disebutkan bahwa khusus untuk para siswa SMA, mereka akan bisa memilih sendiri salah satu mata pelajaran yang diujikan di dalam UN. Terkait dengan hal ini, Mendikbud Muhadjir Effendy pun telah menjelaskan alasannya telah memberlakukan peraturan baru ini.

    Muhadjir pada saat berada di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta pada hari Kamis 19 Januari 2017 mengatakan “Oh ya, itu jadi, agar mata pelajaran itu, materi ujiannya bisa lebih dalam karena keterbatasan waktu untuk ujian. Sehingga nanti kalau peserta banyak yang milih kemudian pilihannya itu materinya karena hanya satu–tidak ketiganya–itu kan menjadi lebih dalam”.

    WAJIB BACA :  Berita Hari Ini : Lebih Dari 3.3 Juta Siswa SMA Sederajat Serentak Lakukan Ujian Nasional (UN 2016) Hari Ini !
    Ujian nasional
    Copyrigth©ultraimg

    Tidak hanya itu saja, Ujian nasional kali ini tidak hanya berkaitan dengan lulus atau tidaknya seorang siswa tersebut. Muhadjir mengatakan bahwa Ujian nasional ini untuk mengetahui seberapa dalam seorang siswa ini mengusai materi yang diajarkan di sekolah sekaligus sebagai bahan evaluasi Mendikbud.

    Muhadjir menjeaskan “(Siswa bisa memilih mata pelajaran untuk UN) biar mereka sudah mulai memfokuskan pada peminatan tertentu dan UN itu untuk pemetaan, bukan ada kaitannya dengan lulus-tidak lulusnya mereka. Kita ingin tahu kedalaman dan keluasan dari materi-materi (yang diujikan) itu yang itu memang jadi materi pokok yang akan sedang kita benahi”.

    Muhadjir juga menambahkan bahwa dengan siswa memilih salah satu mata pelajaran yang diujikan, pendalaman materi akan lebih dapat diukur lagi. Siswa akan diperbolehkan untuk memilih satu dari 3 mata pelajaran yang akan diujikan apabila secara teknis langkah ini tidak mengganggu proses berjalannya UN.

    WAJIB BACA :  Berita Terkini: Pro Kontra Hapus Ujian Nasional (UN), Tanpa Kajian yang Matang?

    Muhadjir menjelaskan “Nanti kedalaman dan keluasannya (penguasaan materi) bisa tercapai dalam kita memetakan, dalam pemetaannya itu. Secara agregat, itu keluasannya lebih tercapai tapi, karena per individu buat pilihan, maka kedalaman materi bisa tercapai juga”. Pada intinya adalah jika pada dasarnya tidak mengganggu secara teknis, maka setiap siswa diperbolehkan.

    baca juga :

    Inilah Dia Dua Nazar yang Akan Dilakukan Oleh Ahmad Dhani Jika Menang Di Pilkada Bekasi !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here