Berita Terkini : Diculik Abu Sayyaf, Begini Kondisi 3 WNI Disandera

0
1397
Berita Terkini : Diculik Abu Sayyaf, Begini Kondisi 3 WNI Disandera
Copyrigth©Bintang

Diculik Abu Sayyaf, Begini Kondisi 3 WNI Disandera

Indowarta.com – Beberapa waktu lalu, Militer Filipina meyampaikan kabar yang mengejutkan. Pasalnya mereka menyatakan ada tiga warga Indonesia yang berhasil diculik oleh milisi Abu Sayyaf. Keterangan terebut disampaikan oleh Komandan Operasi Mindanao barat (Westmincom), Moyor Jenderal, Carlito Galvez Jr.

Galvez menapatkan kabar tersebut dari dua warga negara Filipina yang juga menjadi korban penculikan kelompok tersebut yang berhasil diselamatkan. Menurut keterangan dari Galvez, WNI yang diculik tersebut merupakan bagian dari kru kapal ikan, Sandakan. Diduga kuat mereka diculik di perairan perbatasan Indonesia dan Filipina.

Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Edy Tarigan mengatakan, dugaan penculikan WNI tersebut bermula saat ditemukannya kapal milik mereka yang bergerak dalam keadaan mesin masih hidup, namun kapal dalam kondisi kosong tak berpenghuni.

WAJIB BACA :  Berita Hari Ini : Dua Kapal Indonesia Ini Dibajak, 4 ABK Jadi Tawanan Kelompok Abu Sayyaf !
Berita Terkini : Diculik Abu Sayyaf, Begini Kondisi 3 WNI Disandera
Copyright ©Viva

Dugaan itu kuat mengingat perairan tempat kapal mereka bergerak sendiri itu kerap terjadi penculikan. Faktor lain yang mendukung dugaan penculikan tersebut yakni dilihat dari perhitungan jarak perairan Sandakan hingga ke perairan Taganak. Jika ditempuh menggunakan kala nelayan membutuhkan waktub selama 12 jam perjalanan.

Kejadian tersebut diperkirakan terjadi pada Rabu, 18 Januari 2017 yang mana saat ini kemungkinan korban telah djual dan berada di tangan pihak penampungan hasil penculikan yang diduga sebagi kelompok Abu Sayyaf.

Atas kejadian tersebut, pihaknya telah berkomunikasi dengan Bupati Selayar dan memfasilitasi keluarga korban sampai adanya kepastian soal hilangnya nelayan yang diculik oleh kelompok Abu Sayyaf.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyatakan penculikan tiga WNI oleh kelompok Abu Sayyaf tersebut terjadi di laut Malaysia, kemudian mereka dibawa ke Filipina. Kelompok separatis asal Filipina tersebut menculik tiga nelayan.

WAJIB BACA :  Berita Hari Ini : Inilah Peran Penting Dibalik Negosiator Dalam Pembebasan Sandera Abu Sayyaf !

Ketiga WNI yang diculik tersebut diantaranya adalah Subandi bin Sattu, 47 tahun. Dengan nomor paspor AS515571 yang berasal dari Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Kedua, Hamdan bin Salim, 29 tahun, denga nomor paspor AR41390 yang berasal dari Pulau Selayar, Sulawesi Selatan. Ketiga yakni Sudarling bin Samansung 26 tahun, dengan nomor paspor A4034382 yang berasal dari Pulo Bembe, Selawesi Barat.

Baca Juga Gara-gara Paulo Dybala, Guru Cantik Asal Brebes Ini Tiba-tiba Terkenal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here