Dibalik Fenomena Ikan Tongkol dan Berita Hoax Soal Disleksia yang Kemudian Picu Simpati Berkepanjangan !

0
1874
ikan tongkol
Copyright©Pikiran Rakyat

Dibalik Fenomena Ikan Tongkol dan Berita Hoax Soal Disleksia yang Kemudian Picu Simpati Berkepanjangan !

Indowarta.com – Ada sebuah video yang menjadi viral dan menghebohkan para netizen pada Minggu terakhir Januari 2017, terkait video AR yang menampilkan anak sekolah SD atau Sekolah Dasr yang salah menyebutkan ikan tongkol pada saat ditanya oleh Presiden Jokowi.

Video ikan tongkol yang beredar tersebut telah menjadi viral dikalangan internet karena disebabkan ketidak bisaan  untuk mengatakan kata ikan tongkol dengan benar.

Ikan Tongkol
Copyright©Tekno Kompas

Seumpama apabila terjadi pada kita maka pastinya kita sangat malu sekali, walaupun menurut sebagian orang-orang yang melihat video tersebut lucu dan juga mengagetkan, tetapi apabila menertawakan kekurangan seseorang apalagi membully anak tersebut maka itu merupakan tindakan yang kurang baik dan akan mengakibatkan dampak buruk terhadap perkembangan anak tersebut.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Algoritma Baru FB yang Akan Mampu Tenggelamkan Berita Hoax !

Maka dengan adanya hal tersebut beberapa hari yang lalu munculnya informasi yang beredar yang lumayan ramai di broadcast dan juga sempat dikutip oleh beberapa media online yang mana informasi tersebut bertuliskan pada dasarnya membela anak tersebut dan juga disertai klaim bahwa anak tersebut adalah yatim iatu, dia juga menderita disleksia beserta juga tercantum nama seorang endorser Noviana Dibyantari,selaku Koordinator Komunitas Difabel Semarang.

Namun disisi lain ada hal yang menarik yang ingin Vaksincom bahas yaitu terkait teknik pembuatan hoax yang  terkandung dalam broadcast yang sudah disebarkan oleh pembuat broadcast hoax tersebut.

Jika dilihat dari tujuannya itu dapat dikatakan bertujuan baik dikarenakan mengajarkan penerima broadcast yang berupa berita untuk tidak membully atau menertawakan ketidakmampuan seseorang. Tetapi teknik penyampaiannya itu kurang baik dan disinyalir memanipulasi data dan juga sarat rekayasa sosial, sehingga informasi yang kurang akurat tersebut menyebar dengan cepat.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Bocah SD Salah Sebut Nama Ikan Tongkol Bersama Presiden Jokowi Diklaim Miliki Penyakit Disleksia !

Menelusuri tentang Noviana Dibyantari memang benar merupakan koordinator Komunitas Difabel Semarang namun tidak ada satu sumber yang dapat dipercaya yang mendukung klaim pada broadcast bahwa komunitas Difabel semarang memberikan pernyataan seperti yang diklaim pada Broadcast hoax. Dan masih ada lagi yang merupakan berita palsu tentang masalah tersebut.

Maka satu-satunya sumber yang dapat dipercaya adalah pernyataan di situs KPAI yang meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan video siswa yang salah bicara ikan tongkol. Dan tidak adanya embel-embel penyandang disleksia, anak yatim piatu dan juga setiap hari menulis surat kepada ibunya yang tidak pernah membalas.

Baca juga: Berita Terkini: Desakan Warga Atas Beredarnya Video Hot Youtube Perselingkuhan Rizieq Shihab dan Firza Husein !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here