Berita Terkini: BMKG Sebut Gempa 5.2 SR Guncang Jayapura, Warga Berhamburan Keluar !

0
1187
Gempa bumi
Copyright ©Okezone

BMKG Sebut Gempa 5.2 SR Guncang Jayapura, Warga Berhamburan Keluar !

Indowarta.com – Gempa kembali menggungcang Kota Jayapura, Papua. Gempa susulan tersebut memiliki kekuatan 5.2 SR. Gempa Jayapura ini terjadi sekira pukul 11.21 WIT pada kamis 9 Februari 2017.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura mencatat, pusat gempa susulan tersebut berada pada titik 2.39 LS dan 140.78 BT di laut, yang berjarak 25 km dari Timur Laut kota Jayapura dengan kedalaman 10 km.

Akibat gempa Jayapura tersebut warga berhamburan keluar rumah, terutama dari gedung bertingkat. Evert, warga Abepura yang saat gempa tersebut terjadi, ia tengah berada di kantor distrik Abepura mengaku harus keluar dan turun dari lantai 2.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Gempa Bumi Di Blitar dan Guncang Morowali yang Bikin Heboh Warga!
Berita Terkini: BMKG Sebut Gempa 5.2 SR Guncang Jayapura, Warga Berhamburan Keluar !
Copyright©@infoBMKG

Menurut informasi dari Evert, gempa Jayapura tersebut sudah dua kali dan guncangan tersebut dirasakan cukup kuat, sehingga ia harus turun dari lantai 2. Hal itu ia lakukan untuk antisipasi jika ada gempa lain yang terjadi.

Sementara itu, warga lain juga merasa khawatir akibat gempa tersebut. Pasalnya dua kali terjadi gempa yang terjadi di Kabupaten Sarmi, Papua mampu membuat kabel optik milik provider Telkomsel putus kembali.

BMKG menyebutkan Gempa Jayapura tersebut  tidak berpotensi terjadinya tsunami. Informasi tersebut disampaikan oleh BMKG melalui situs resminya. BMKG menyebut gempa ini tidak berpotensi tsunami. Hingga kini belum ada data lebih lanjut mengenai dampak gempa, seperti kerusakan atau ada tidaknya korban.

WAJIB BACA :  BMKG: Banyak Rumah Rusak dan Satu Gereja Roboh Akibat Gempa Bumi di Poso!

Sebelumnya gempa berkekuatan 4,9 SR juga telah mengguncang Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada Sabtu 4 Februari 2017 pukul 11.17 WIT. Informasi dari humas BMKG Hary T Djatmiko di Jakarta mengatakan, gempa tersebut terjadi di darat dengan pusat gempa berada di 2.44 LS- 140.27 BT.

Tepatnya di barat laut Kabupaten Jayapura dengan kedalaman 31 km. Berdasarkan laporan sementara intensitas gempa bumi di Kotaraja dan Waena yaitu geran dirasakan nyata dalam rumah.

Beberapa hari terakhir ini gempa memang terjadi di beberapa wilayah Indonesia. selain itu cuaca juga kurang baik hingga gelombang tinggi masih berpeluang di Samudera Hindia Selatan jatim hingga NTT, Perairan Selatan P.Sumba, P.Rote, Laut Timor Selatan NTT.

Baca Juga Berita Terkini: Begini Penjelasan BMKG Soal Gempa yang Terasa Dari Tulungagung Sampai Denpasar !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here