Berita Terkini: Status Ahok Sudah Naik Jadi Terdakwa, Fadli Zon Minta Mendagri Nonaktifkan Ahok !

0
4289
Fadli Zon
Copyright©Liputan6.com

Berita Terkini: Status Ahok Sudah Naik Jadi Terdakwa, Fadli Zon Minta Mendagri Nonaktifkan Ahok !

Indowarta.com – Kini Wakil Ketua DPRD Fadli Zon beropini bahwa adanya sebuah tindakan diskriminatif sehubungan dengan masa cuti Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari jabatannya Kepala Daerah tersebut yang akan berakhir.

Bahwasanya Fadli Zon menilai bahwa Ahok tersebut semestinya hanya diberhentikan sementara dalam jabatanya sebagai kepala daerah atau Gubernur DKI Jakarta yang mana Ahok sudah ditetapkan sebagai status terdakwa.

Fadli Zon
Copyright©TEMPO.CO

Fadli Zon juga mengatakan bahwa semestinya dari pihak Mendagri telah memperpanjang cuti Ahok dari jabatannya. Disebabkan ada UU yang sehubungan dengan UU pilkada, UU Pemerintah Daerah, ungkapnya di Gedung DPRD, Jakarta Kamis 9 februari 2017.

WAJIB BACA :  Ahok Sumbangkan Dana Rp 200 Juta Untuk Perbaikan Air Menari Monas !

Yang mana Fadli Zon juga mengingatkan bahwa seorang yang berstatus  terdakwa itu semestinya dinonaktifkan. Kemudian ia juga memberikan contoh kasus perkara Banten dan Sumta Utara dimana Kepala Daerah yang berstatus terdakwa dalam kasus hukum maka dinonaktifkan.

Maka dengan itu harus ada tindakan sebelum pada tanggal 11 Februari 2017 nanti, maka dari Mendagri untuk menonaktifkan Ahok disebabkan sudah berstatus terdakwa di pengadilan dan itu jga merupakan perintah dari UU.

Terkait tentang alasan yang belum adanya tuntutan dari pihak jaksa, dan Fdli juga beropini bahwa mendagri bisa melihat status Ahok yang sudah ditetapkan dalam pengadilan.

Fadli Zon  juga menilai nantinya pihak Mendagri terkesan membela karena sebetulnya Ahok dan Mendagri adalah sahabatan, dan menurutnya itu tidak benar disebabkan negara ini mempunyai aturan hukum. Apabila Mendagri tidak melakukan hak tersebut maka mendagri melanggar UU.

WAJIB BACA :  Rayakan HUT Pernikahan, Veronica Tan Kirim Surat Ini Kepada Ahok!

Yang mana pada awalnya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tersebut harus diberhentikan sementara dari jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta, dan Ahok akan kembali dari masa cutinya sebagai calon Gubernur DKI jakarta pada Sabtu 11 januari 2017.

Sementara itu dari Anggota Komisi II DPR  Fraksi PAN Yandri Susanto pada rabu 8 Februari 2017 mengatakan bahwa sebetulnya Ahok apabila dikembalikan ke UU nomor 23 tahun 2014 dengan ancaman 5 tahun penjaramaka harus diberhentikan.

Namun Yandri juga belum mengetahui hakim atau jaksa penuntut Umum yang telah berkirim surat kepada Mendagri Tjahjo Kumolo.  Dan dirinya juga belum mempertanyakan surat tersebut ternyata belum dikirimkan kepada Mendagri.

Dari sidang ke 9 Ahok tersebut bahwa jaksa sudah nenetapkan Ahok dengan ancaman 4 samapai 5 tahun penjara. Apabila mendagri berpegang teguh pada peraturan UU yang mana Ahok harus diberhentikan sementara dalam jabatannya.

Baca Juga: Berita Terkini: Fadli Zon dan Fahri Hamzah Dampingi Habib Rizieq Syihab Semangati Demonstran 4 November !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here