Berita Terkini: Polisi dan FPI Sepakat Akan Lakukan Aksi 112 Secara Damai yang Terpusat di Masjid Istiqlal !

0
1615
aksi 112
Copyright©Viva

Polisi dan FPI Sepakat Akan Lakukan Aksi 112 Secara Damai yang Terpusat di Masjid Istiqlal !

Indowarta.com – Kapolda Metro jaya Irjen Mochamad iriawan mengaku telah berkoordinasi dengan FPI terkait dengan aksi 112 yang akan degelar Minggu, 11 Februari 2017 mendatang. Setelah keluar larangan aksi unjuk rasa di jalan, akhirnya polisi dan sebagian perwakilan dari massa sepakat agar kegiatan difokuskan untuk ibadah di masjid Istiqlal.

Hal itu disampaikan langsung oleh Iriawan yang mengatakan ada beberapa kelompok yang telah sepakat dengan pihaknya untuk tidak turun dan ke Istiqlal diantaranya yakni FPI, namun juga da beberapa kelompok yang belum menyepakatinya.

Iriawan menegaskan, pimpinan FPI Rizieq Shihab telah sepakat untuk mengubah kegiatan jalan kaki dari Monas ke Bundaran HI menjadi shalat berjamaah dan mengaji di Masjid Istiqlal. Iriawan akhirnya berhasil mematahkan keinginan dari Sekjen FPI DKI Jakarta Novel Chaidir Hasan untuk tetap melaksanakan aksi sesuai dengan rencana awal.

WAJIB BACA :  FPI Klaim Video Bendera Tulisan Arab Adalah Fitnah ?

Berdasarkan analisa dari intelejen kepolisian, aksi long march tersebut berpotensi mengganggu keterbtiban umum sehingga dilarang. Namun untuk kegiatan ibadah tidak akan ada pelarangan atau perbatasan.

Berita Terkini: Polisi dan FPI Sepakat Akan Lakukan Aksi 112 Secara Damai yang Terpusat di Masjid Istiqlal !
Copyright©Pikiranumat

Iriawan juga berterima kasih kepada FPI untuk tidak turun ke jalan, kini pihaknya akan mengatur agat tidak berkelompok. Forum Umat Islam selaku pihak penyelenggara menyatakan akan tetap menyelanggarakan aksi 112 mendatang meski dilarang oleh pihak kepolisian.

Sekjen FUI M Al Khathath mengaku akan berkomunikasi dengan kepolisian agar aksi tersebut tetap dapat terselenggara. Ia mengaku nantinya akan berkompromi dengan aparat keamanan.

Ia mengaku dengan kompromi yang dilakukan, bisa jadi nanti jalur aksi berubah menyesuaikan dengan permintaan dari polisi. Bahkan bisa jadi kegiatan disesuaikan menjadi bentuk doa. Namun intinya aksi 112 tersebut tetap jadi.

WAJIB BACA :  Polisi Buat Sketsa Wajah Pelaku Penembakan Italia Chandra Kirana!

Dan nyatanya kini aksi tersebut memang diijinkan jika difokuskan pada Masjid Istiqlal dengan acara doa, shalat bersama dan pengajian. Kabid Humas Polda Metro jaya Kombes Argo Yuwono sendiri memastikan pihaknya telah melarang aksi long march ke Monas dan Bundaran HI.

Aksi tersebut dilarang lantaran telah mendekati hari pencoblosan Pilkada DKI Jakarta yang akan dilaksanakan pada Rabu, 15 Februari 2017. Meskipun belum memasuki masa tenang, namun aksi sebelum aksi tenang juga dikhawatirkan menimbulkan terganggunya ketertian umum dan menimbukan kegaduhan.

Baca Juga Membahas Aksi 112 Besok Sabtu, Tim Advokasi GNPF MUI Temui Menkopolhukam Wiranto !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here