Berita Terkini: Kapolri Akan Lakukan Hal Ini Jika Nantinya Aksi 112 Tak Sesuai dengan Kesepakatan !

0
2501
Aksi 112
copyright©foto terpopuler - Viva

Berita Terkini: Kapolri Akan Lakukan Hal Ini Jika Nantinya Aksi 112 Tak Sesuai dengan Kesepakatan !

Indowarta.com – Sehubungan degan aksi 112 kini Kapolri Jendral Tito Karnivan telah melarang adanya aksi 112 atau aksi 11 Februari 2017 yang akan dilaksanakan di luar Masdid Istiqlal disebabkan dinilai berpotensi mengganggu ketertiban umum.

Pada Jum’at 10 Februari 2017 Tito mengatakan bahwa menjadikan sebuah satu batasan untuk menyampaikan pendapat tersebut tidak boleh mengganggu hak asasi orang lain dan juga tidak boleh mengganggu ketertiban masyarakat. Yang mana pada hari sabtu di hari kerja untuk jalan kaki masih boleh, namun untuk jalan protokol tersebut mengganggu serta juga mambawa isu politik.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Muhammadiyah, NU dan MUI Tak Dukung Aksi 112 !

Maka dari dasar pernyataan tersebut pihak polisi tidak mengizinkan adanya aksi massa 112 di jalan. Maka Tito juga menegaskan bahwa pihaknya tidak segan-segan untuk membubarkan aksi 112 tersebut sesuai dengan pasal 15 UU Nomor 9 tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

aksi 112
copyright©Monitorday

Dari pondasi pasal tersebut, dari tindakan penyampaian pendapat tersebut di muka umum bisa dibubarkan jika nantinya dirasa tidak sesuai dengan ketentuan .

Selanjutnya Tito juga mengatakan akan siap siaga untuk menagkap mereka-mereka yang telah melanggar sesuai dengan ketetapan KUHP. Yaitu pasal 212 sampai pasal 218 KUHP yang menyebutkan, barang siapa yang dengan sengaja tidak mematuhi perintah dari petugas maka dia akan terancam pidana penjara sampai empat bulan dua minggu.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Polisi Wanti wanti Ceramah yang Dilakukan Saat Aksi 112 Tak Boleh Diselipi Unsur Politis !

Apabila nantinya pihak polisi menemukan massa  aksi 112 ada di lokasi Monas maka polisi akan langsung membubarkan aksi massa tersebut, yang mana tidak ada pemberitahuan aksi tersebut ke pihak polisi sehubungan dengan planning aksi yang akan sampai ke Monas.

Tito sekali lagi juga menegaskan dan juga mengingatkan bahwa pelanggran hukum apabila tidak dilakukan tindakan pada saat itu maka masih bisa untuk ditegakkan setelah itu.

Baca Juga: Berita Terkini: Polisi dan FPI Sepakat Akan Lakukan Aksi 112 Secara Damai yang Terpusat di Masjid Istiqlal !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here