Berita Terkini: Aplikasi di iPhone Diam-diam Bocorkan Data Pengguna?

    0
    1835
    Aplikasi iPhone
    Copyrigth©hparea

    Berita Terkini: Aplikasi di iPhone Diam-diam Bocorkan Data Pengguna?

    Indowarta.com– Salah satu keunggulan iPhone dibandingkan dengan smartphone yang lainnya adalah terletak di keamanan yang diklaim lebih mumpuni. Walaupun demikian, hal ini tidak berarti bahwa aplikasi yang disediakan untuk iPhone ini sepenuhnya aman.

    Will Strafach yang merupakan salah satu peneliti keamanan senior ini telah berhasil menemukan celah pada 76 Aplikasi iPhone di App Store yang masing-masing diunduh lebih dari 18 juta kali oleh para pengguna iPhone dan juga pengguna iPad. Hal ini berarti bawah para pengunduh ini berpotensi akan terkena dampak dari celah pada aplikasi yang diduga tidak aman itu.

    Sementara itu pihak dari Apples sendiri tidak bisa serat merta menumpas hal itu. Hal ini karena Aplikasi iPhone yang tersedia di App Store ini merupakan kontribusi dari pengembang pihak ketiga. Jadi penyelesaian masalah ini juga harus melibatkan pihak ketiga.

    Aplikasi iPhone
    Copyrigth©hparea

    Adapun 76 aplikasi yang teridentifikasi memiliki tingakt bahaya yang berbeda-beda. Menurut Strafach, semua aplikasi itu memiliki potensi untuk memata-matai para pengguna iPhone. Dari jumlah 76 aplikasi itu, terdapat 33 aplikasi yang memilliki resiko bahaya yang rendah, 24 aplikasi memiliki resiko yang medium lalu sebanyak 19 aplikasi ini memiliki resiko yang tinggi.

    Resiko yang rendah ini bisa diartikan bahwa aplikasi itu mampu membocorkan data standar yang telah dicantumkan oleh pengguna pada Smartphone mereka. Sebagai contoh adalah alamat email. Atau data log in pada layanan internet tertentu.

    Lalu untuk resiko medium ini bisa diartikan bahwa peretas ini akan menyadap pengguna pada saat melakukan otentikasi terhadap akun personalnya. Lalu untuk resiko  yang paling tinggi ini bisa membahayakan akun finansial dan juga layanan kesehatan yang telah terpatri pada ponsel pengguna ini.

    Strafach sendiri tidak memberikan informasi secara detail mengenai 76 Aplikasi iPhone yang berbahaya yang telah berhasil dia temukan. Namun hanya satu yang telah diungkap yakni aplikasi pihak ketiga untuk Snapchat bernama “Snap Upload”. Aplikasi itu masuk dalam kategori resiko rendah.

    baca  juga :

    iPhone 8 Akan Mengusung Sensor Sidik Dan 3D Touch Baru ?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here