Berita Terkini: Resahnya Warga Jambi Saat Air Sungai Mendadak Berubah Jadi Hitam !

0
1932
Air Sungai Jambi
Copyright©Aksipost Online

Berita Terkini: Resahnya Warga Jambi Saat Air Sungai Mendadak Berubah Jadi Hitam !

Indowarta.com – Kini warga kabupaten Tanjung Jabung Barat atau Tanjabbar Provinsi Jambi tersebut telah dihebohkan dengan air sungai yang mendadak berubah menjadi hitam. Yang mana pada sebelumnya air sungai Jambi tersebut nampak jernih.

Sementara itu Johan selaku camat Tungkul Ulu, Kabupaten Tanjabbar mengatakan bahwa yang membuat para warga menjadi heboh tersebut disebabkan oleh air sungai  Jambi, Payo Resa di Desa Pematang Tembesu, Kecamatan Tungkul Ulu. Opininya bahwa peristiwa tersebut sudah terjadi hampir satu pekan ini.

Johan di Kualatungkal, Ibu Kota Kabupaten Tanjabbar pada Jum’at 10 Februari 2017 juga mengatakan bahwa pada saat ini warga takut karena air  sungai Jambi,  Payo Resa tersebut berubah menjadi hitam.

Air Sungai Jambi
Copyright©Monitorday

Maka dengan adanya peristiwa tersebut kini dari pihak kecamatan serta Badan Lingkungan Hidup atau BLH Kabupaten Tanjabbar tersebut telah sudah menindaklanjuti terkait kejadian yang ditemukan tersebut. dari beberapa petugas sudah siap untuk turun dalam melakukan penelitian secara langsung dari keadaan air sungai yang merupakan anak sungai Batanghari tersebut.

Johan juga mengatakan bahwa diperkirakan terdapat kebocoran limbah dari perusahaan PT Aneka Multi Kerta atau AMK. Lanjutnya juga bahwa dari pertemuan tersebut akan melibatkan petugas, warga dan perwakilan PT AMK, yang mana dari pihak perusahaan akan meminta waktu sampai Selasa pekan depan dalam menangani penyelesaian problem tersebut.

Semenytara itu, dari salah satu pihak anggota DPRD Kabupaten Tanjabbar, Adam mengatakan bahwa di kecewa atas kinerja pemerintah daerah serta juga dari perusahaan. Opininya bahwa perkiraan pencemaran air sungai tersebut disebabkan kebocoran limbah perusahaan di Kabupaten Tanjabbar itu tidak hanya sekali saja terjadi.

Kenyataannya sangat dikhwatirkan dari perubahan air sungai tersebut yang mulanya jernih akhirnya menjadi hitamtersebut mampu mencemari longkungan. Selain itu juga, banyak warga yang memanfaatkan air sungai dan dikhawatirkan juga terkena dampak kesehatan.

Adam juga mengatakan bahwa pemerintah harus tegas terhadap instansi yang berhubungan dengan masalah ini. maka sanki juga harus diberikan jika ada kebocoran seperti ini karena ini sangat berbahaya.

Kini Adam juga merasa kecewadisebahkan di setiap BLH turun alasanya selalu menunggu hasil uji laboratorium. Tetapi saat hasilnya sudah keluar tidak pernah di publikasikan. Semestinya harus transparan apapun dari hasilnya.

Baca Juga: Berita Terkini: Fenomena Ajaib Saat Gerhana Matahari, Laut Surut Seperti Tsunami Hingga Guntur !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here