Berita Terkini: LKPI Siapkan 500 Sampel TPS Untuk Akurasi Quick Count Pilkada DKI 2017 Hari Ini !

0
1465
Quick Count Pilkada DKI
Copyrigth©Bisnis

LKPI Siapkan 500 Sampel TPS Untuk Akurasi Quick Count Pilkada DKI 2017 Hari Ini !

Indowarta.com – Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LPKI) akan melaksanakan perhitungan cepat atau Quick Count Pilkada DKI pada Rabu 15 Februari 2017. Menurut keterangan yang diberikan oleh Direktur Riset LKPI, Taufik Ujiyati, ada sua metode yang dilakukan, yakni Quick Count dan Exit Poll.

Penggabungan dua metode survey dengan sampel tersebut diambil dari 500 TPS dan melibatkan 1.000 responden secara random di seluruh enam kota dan kabupaten yang ada di DKI Jakarta. Dua metode survey tersebut memiliki perbedaan mendasar.

Quick Count Pilkada DKI diambil langsung dari penghitungan suara di TPS berupa sampel, sementara untuk Exit Poll menanyakan secara langsung mengenai calon pilihan dari responden setelah mereka keluar dari bilik suara.

WAJIB BACA :  Jangan Lupa Pantau Quick Count Pilkada DKI 2017 Putaran Kedua!
Berita Terkini: LKPI Siapkan 500 Sampel TPS Untuk Akurasi Quick Count Pilkada DKI 2017 Hari Ini !
Copyrigth©RAKYATKU NEWS

Maka dari itu quick count biasanya lebih akurat, dan margin of errornya kecil yakni hanya sekitar 0,5 persen jika dibandingkan dengan Exit Poll.

Sementara untuk Exit Poll, bisa jadi hasilnya nanti meleset jauh dari hasil yang akan dirilis oleh KPU nantinya. Itu karena Exit Poll merupakan opini dari responden. Akan tetapi, dengan menggunakan exuit poll, dapat diketahui alasan mereka mengapa calon A bisa menang dan calon B bisa kalah.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) DKI Jakartamengingatkan kepada lembaga penyiaran, baik televisi maupun radio agar mematuhi aturan main terkait penayangan dan penyiaran Quick Count Pilkada DKI Jakarta 2017.

KPI DKI menegaskan, hasil hitung cepat paling cepat dapat dipublikasikan pada pukul 13.00 WIB. lembaga penyiaran yang melanggar hal itu, nantinya akan diberikan sanksi yang tegas.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Anies Baswedan Unggul dalam Quick Count Pilkada DKI Hari Ini, Dapat Durian Runtuh Dari Cikeas?

Hal itu juga telah disepakati oleh Pengawas Pilkada yang beranggotakan Komisi pemilihan Umum, badan Pengawas Pemilu, dan Komisi Penyiaran Indonesia. batas awal penayangan hitung cepat dapat berbeda-beda di setiap daerah lain.

Diharapkan lembaga penyiaran kedepannya dapat terus mempertahankan profesionalisme mereka dalam liputan pilkada dengan selalu memperhatikan azaz keadilan, keberimbangan dan kenetralan.

Dalam Pilkada DKI 2017 kali ini, ada tiga pasangan calon yang tengah memperebutkan kursi DKI 1. Ketiganya adalah pasangan Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni, pasangan kedua Basuki Tjahaja Purnama – Djarot SaifulHidayat, dan pasangan ketiga Anies Baswedan – Sandiaga Uno.

Baca Juga Menanti Hasil Quick Count Pilkada DKI Jakarta 2017 Hari Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here