Berita Terkini: Mantan Ketua OSIS Ini Sayangkan Kuota SNMPTN Berkurang !

    0
    1198
    SNMPTN
    Copyrigth©dikti

    Mantan Ketua OSIS Ini Sayangkan Kuota SNMPTN Berkurang !

    Indowarta.com – Kementerian Riset dan Teknologi telah memutuskan untuk mengurangi jumlah kuota masuk perguruan tinggi melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Hal itu sungguh sangat disayangkan oleh beberapa pihak.

    Seperti yang dirasakan oleh Songgo Priambodo, siswa kelas 12 SMAN 2 Tanjungpandan yang turut menyayangkan keputusan pengurangan jumlah kuota tersebut.

    Songgo mengatakan dirinya berencana akan mengikuti seleksi itu untuk masuk di Universitas Diponegoro, Semarang. Namun saat ini ia belum mendaftarkan dirinya lantaran masih menunggu pengumuman hasil tes dari sekolah penerbangan.

    Berita Terkini: Mantan Ketua OSIS Ini Sayangkan Kuota SNMPTN Berkurang !
    Copyrigth©Tribunnews

    Mantan Ketua OSIS SMAN 2 Tanjungpandan itu mengatakan jika dari kemarin sudah banyak teman-temannya yang membuka sistem untuk tau masuk kuota 60 orang itu atau tidak. Ia sendiri belum menyiapkan berkas apapun.

    WAJIB BACA :  Berita Terkini: 101.906 Siswa Dinyatakan Lulus SNMPTN 2017!

    Menurut Songgo, semakin mengecilnya kuota siswa yang akan lolos tersebut, maka akan semakin sulit persaingan siswa untuk dapat lulus di perguruan tinggi yang mereka inginkan. Siswa akan merasa lebih kesulitan apabila kuota dikurangi.

    Menurutnya SNMPTN dinilai lebih mudah karena melalui jalur rapot, selain itujuga tidak memakan biaya untuk melakukan tes, dan saingannya pun memang mereka yang telah lolos dari seleksi. Sedangkan untuk jalur SBMPTN akan lebih menguras biaya untuk bayar tes, persaingan juga lumayan sulit, untuk dapat lolos harus belajar maksimal.

    Ia juga berharap agar pemerintah dapat mengkaji ulang hal tersebut, pasalnya banyak siswa yang masih berharap untuk bisa lulus melalui seleksi rapor tersebut. ia berharap teman-temannya dapat lulus di perguruan tinggi negeri yang memang diharapkan.

    WAJIB BACA :  Berita Terkini: Inilah Daftar Siswa Lolos SNMPTB 2017!

    Selain itu ia juga berharap agar kuota SNMPTN ditambah karena hal itu dapat memacu semangat siswa dari awal sekolah agar nilainya tidak anjlok, agar dapat mengikuti seleksi ini.

    Seperti yang telah diketahui, Kementerian Riset dan Teknologi mengurangi nkuota penerimaan mahasiswa melalui SNMPTN menjadi 30 persen. Selain itu, pemngurangan kuotan kelas 12 SMA dan SMK yang bisa mendaftarkan melalui jalur tersebut berdasarkan akreditasi sekolah juga diturunkan.

    Keputusan tersebut lah yang berefek mengecilnya kesempatan siswa yang dapat lulus perguruan tinggi negeri melalui seleksi nilai rapor tersebut.

    Baca Juga Mengintip Kuota UGM, UNY, UPN dan UIN Yogyakarta Untuk SNMPTN 2017 !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here