Jika Masih Berulah, Jokowi Akan Turun Tangan langsung Tangani Kasus Freeport !

0
2096
Copyrigth©Sindonews

Jika Masih Berulah, Jokowi Akan Turun Tangan langsung Tangani Kasus Freeport !

Indowarta.com – saat ini Presiden Joko Widodo masih menyerahkan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan untuk berunding dengan PT Freeport Indonesia.

Seperti yang telah diketahui, saat ini Freeport masih bersikukuh enggan untuk mengubah status Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Menurut keterangan yang diberikan oleh Jokowi, jika tak kunjung mendapatkan titik temu, dirinya tak segan untuk mengambil tindakan tegas.

Hingga saat ini, salah satu perusahaan tambang terkemuka di dunia itu msih menolak IUPK yang telah diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia. hal itulah yang membuat mereka menahan produksi karena tidak dapat melakukan ekspor konsentrat.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Sengketa Status Kontrak Freeport yang Kian Memanas !
Jika Masih Berulah, Jokowi Akan Turun Tangan langsung Tangani Kasus Freeport !
Copyrigth©Liputan6

Freeport mengancam akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal dan mengancam akan menyeret pemerintah Indonesia ke arbitrase internasional apabila pemerintah tidak mau menuruti permintaannya untuk tetap mempertahankan KK.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun kembali menegaskan, kalau perusahaan tambang tersebut tetap sulit untuk diajak musyawarah dan sulit di ajak untuk berunding, maka pihaknya akan bersikap tegas.

Jokowi juga mengungkapkan, jika pada dasarnya pemerintah hanya ingin mencarikan solusi atas permasalahan Freeport tersebut. Ia juga tak ingin jika permasalahan tersebut berat sebelah. Sehingga dirinya meminta Menteri ESDM untuk terus berunding.

Pihaknya akan mencarikan solusi menang-menang, karena ini adalah urusan bisnis maka dari itu Jokowi menyerahkannya kepada Menteri. Ia juga akan melihat bagaimana perkembangan selanjutnya terkait perundingan yang dilakukan oleh Jonan denagn perusahaan tambang kelas kakap tersebut.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Lewat Sepucuk Surat Ini, Bos Besar Freeport Pamit ke Jonan !

Jika tetap menemukan jalan buntu, atau tetap sulit diajak musyawarah dan berunding, ia akan mengambil sikap. Selain itu Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi meminta agar perusahaan induk PT Freeport Indonesia itu membatalkan niat untuk menyeret pemerintah Indonesia ke peradilan internsional.

Pasalnya ancaman perusahaan tambang tersebut bakal menggugat pemerintah ke arbitrase internasional dinilai dapat memicu konflik nasionalisme Vs werternisasi. Menurut politikus dari Partai Golkar tersebut. lebih baik persoalan perpanjangan kontrak serta pembangunan smelter tetap dalam koridor bisnis komersial.

Baca Juga Berita Terkini: Chappy Hakim Akan Segera Mundur Dari Presiden Direktur Freeport ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here