Berita Hot: Kombinasi Xenia dan Avanza Akan Jadi Modal kebangkitan Daihatsu ?

0
1814
Xenia
Copyrigth©liputan6

Berita Hot: Kombinasi Xenia dan Avanza Akan Jadi Modal kebangkitan Daihatsu ?

Indowarta.com– Daya tahan dari Daihatsu kini telah bermain di panggung otomotif Indonesia terbilang kuat. Berbagai macam kondisi ekonomi yang kini telah melanda Indonesia ini tidak meruntuhkan merek yang kini telah berbasis di Osaka, Jepang yang sudah berusia 55 tahun di Indonesia.

Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor (ADM) yakni Sudirman Maman Rusdi ini telah mengatakan bahwa banyak cerita yang mengenai kiprah dari Daihatsu di Indonesia. Satu satunya orang Indonesia yang telah menjabat sebagai direksi Daihatsu di Jepang ini telah mengatakan bahwa keberhasilan yang telah diraih oleh Daihatsu ini tidak lepas oleh dukungan yang telah diberikan oleh Grup Astra. Grup Astra ini telah ditunjuk sebagai agen tunggal dan juga distibutor di Indonesia.

WAJIB BACA :  Sudah Meluncur Sejak Akhir Tahun Lalu, Penjualan Daihatsu Hi Max Masih Melempem!

Secara berturut-turut, keberlanjutan kerjasama dari Daihatsu Motor Company (DMC) bersama dengan Astra International ini telah kembali terealisasi dalam pembangunan perusahaan Joint venture. Mulai dari stampling plant PT. Daihatsu Indonesia 1978 dan juga Engine Plant PT. Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia 1983. Setelah itu Astra pun telah mendirikan PT. Nasional Astra Motor yang merupakan agen tunggal dan juga importir kendaraan Daihatsu pada tahuin 1987.

Xenia
Copyrigth©liputan6

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi di negara ini, Sudirman mengatakan bahwa Daihatsu Indonesia ini telah berkembang. Tentu saja masa sulit juga sempat dialami oleh Daihatsu. Yang parahnya adalah pada saat terjadi gejolak pada tahun 1998. Pada saat itu volume produksi jauh berada di bawah kapasitas pabrik.

WAJIB BACA :  Xpander Belum di Kalkulasi, Avanza Masih Jadi yang Paling Laris!

Sudirman mengakui bahwa tonggak kejayaan dari Daihatsu ini tidak terlepas di dalam hubungan antara Daihatsu dengan Toyota. Pada tahun 2004 yang lalu dua perusahaan ini telah melahirkan produk kolaborasi antara Xenia Avanza. Hingga saat ini produk ini masih menjadi yang paling laris di Indonesia  terutama pada segmen low multi purpose vehicle.

Hal ini telah terjadi pada saat Toyota ini telah membeli sebanyak 51 persen saham Daihatsu Motor Company yang terjadi pada tahun 19983. Sudirman mengatakan “Milestone penting perkembangan Daihatsu di sini adalah saat diluncurkannya produk kolaborasi Avanza-Xenia 2004, yang kemudian disusul dengan peluncuran berbagai produk kolaborasi lainnya”.

baca juga :

Berita Terkini: Mengapa Raja Salman Mau Berinvestasi di Indonesia, Ini Alasanya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here