Berita Terkini: Dewan Pers Meminta Agar Sidang E KTP Bisa Disiarkan Secara Langsung!

0
1091
yosep
copyright©Suara Islam

Berita Terkini: Dewan Pers Meminta Agar Sidang E KTP Bisa Disiarkan Secara Langsung!

Indowarta.com – Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan juga Dewan Pers menggelar pernyataan sikap bersama, pernyataan tersebut terkait dengan dilarangnya peliputan sekaligus penayangan secara langsung sidang dugaan kasus korupsi e – KTP.

Yosep Adi Prasetyo selaku Ketua Dewan Pers mengungkapkan jika dirinya sudah pernah mendiskusikan efek penayang secara langsung sidang e – KTP tersebut dengan pimpinan Mahkamah Agung (MA) . Pada diskusinya dengan pimpinan Mahkamah Agung, Yosep mengaku jika siaran langsung diperbolehkan ketika persidangan, kecuali pemeriksaan materi perkara.

“Saat diskusi itu saya bertanya, bagaimana dengan kasus-kasus yang mendapat perhatian publik, termasuk e-KTP ini. Waktu itu, dalam diskusi, pimpinan MA mengatakan untuk persidangan yang terbuka untuk umum, maka persidangan di luar pemeriksaan materi perkara yaitu dakwaan, tuntutan, eksepsi, putusan sela dan vonis itu boleh dilakukan live broadcast,” ucap Yosep pada acara yang digelar di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Kamis (9/3).

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Pelaku Intelektual dibalik Kasus E KTP!
sidang e - ktp
copyright© Twitter

Oleh sebabnya, menurut Yosep Adi Prasetyo sendiri tidak ada alasan bagi majelis hakim memberikan kebijakan untuk tidak menayangkan secara live sidang e – KTP yang tidak sesuai dengan kebebasan pers.

Yosep sendiri menilai jika kasus e – KTP tersebut adalah sebuah kasus korupsi yang tentunya sangat merugikan masyarakat, dan masyarakat memiliki hak untuk mengetahui dan mengawasi jalannya persidangan.

Ketua Dewan Pers tersebut mengatakan jika dirinya memahami proses yang kini tengah dijalani oleh majelis hakim. Namun menurutnya public memiliki hak untuk tau, sehingga dirinya yang mewakili Dewan Pers meminta kepada majelis hakim untuk membuka kesempatan menayangkan secara langsung sidang e – KTP diluar materi perkara.

WAJIB BACA :  KPK Tetapkan Lagi Setya Novanto Sebagai Tersangka Kasus E KTP!

Agung Suprio selaku Ketua KPI juga mengatakan jika siaran langsung sidang e – KTP tersebut penting, karena kasus korupsi tersebut melibatkan banyak pihak. Oleh sebab itu publik juga berhak tau siapa saja tersangka sehingga dapat melakukan evaluasi.

Jika dilakukan tertutup seperti saat ini menurutnya tidak akan ada control publik terhadap pemerintahan yang kini rentan dengan masalah korupsi. KPI pun mendukung agar sidang e – KTP tersebut dibuka.

BACA JUGA Berita Terkini: KPK Akan Buktikan Hal Ini Dalam Sidang Kasus E KTP Hari Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here