Keinginan Mendiang KH Hasyim Muzadi yang Masih Belum Terlaksana!

0
1072
KH Hasyim Muzadi
Copyrigth©Viva

Keinginan Mendiang KH Hasyim Muzadi yang Masih Belum Terlaksana!

Indowarta.com – Ada keinginan dari KH Hasyim Muzadi yang belum sempat terlaksana lantaran sudah tutup usia. Mantan Ketua Umum PBNU tersebut memiliki keinginan untuk mengembangkan pesantren di daerah Bogor, Jwa Barat. Keinginan almarhum tersebut diungkapkan oleh kerabat dekatnya, Achmad Sodiq.

“Saya terakhir bersama beliau jalan untuk mencari tanah di Kota Bogor. Itu buat pengembangan pesantren. Belum selesai keinginannya itu,” jelas Sodiq kepada para awak media di pesantren Al-Hikam, Kukusan, Beji, Depok, Kamis (16/3).

Sebelum ajal menjemputnya, KH Hasyim Muzadi berpesan kepada Sodiq untuk mencarikan dana agar tanah yang berada di daerah Bogor tersebut dapat dikembangkan menjadi sebuah pesantren. Tanah tersebut diketahui berada di kawasan Iwul.

WAJIB BACA :  Upacara Militer Sebagai Tanda, Jenazah KH Hasyim Muzadi Diterbangkan Ke Depok!
KHKH Hasyim Muzadi
Copyright©Twitter

“Pesannya dicarikan uang, dikembangkan agar lebih luas lagi. Tanah itu di Iwul, Kabupaten Bogor, ada lima hektare, Al-Hikam Bogor,” tambahnya.

Selain itu, menurut Sodiq Kiai Hasyim merupakan sosok yang menghargai dan menghormati orang lain. “Sangat menghargai dan menghormati orang lain. Kalau orang bilang mah memanusiakan manusia,” jelasnya.

Ia juga mengaku sempat menjenguk KH Hasyim Muzadi ke Kota Malang saat sakit. Ia mengaku tak dapat berbicara banyak karena saat itu keadaan Kiai Hasyim dalam kondisi lemah. Menurutnya hingga Kiai Hasyim menghembuskan napas terakhirnya belum ada pesan lain yang disampaikan.

Hanya ada satu pesan, yakni beliau meminta untuk dimakamkan di Pondok Pesantren Al-Hikam di Beji, Depok. Yang jelas masih ada satu pesan yakni ingin mengembangkan pesantren mahasiswa yang sebelumnya telah disampaikan.

WAJIB BACA :  Moment Tak Terlupakan Presiden Jokowi Saat Oles Balsem di Kaki KH Hasyim Muzadi Saat Umroh!

Diberitakan sebelumnya, KH Hasyim Muzadi menghembuskan napas terakhirnya pagi tadi Kamis 16 Maret 2017. Tokoh NU tersebut wafat diusianya yang ke-72 tahun. Bahkan Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Widodo dan rombongan juga menyempatkan untuk menjenguk KH Hasyim.

KH Hasyim Muzadi lahir pada 8 Agustus 1944 ini sempat menjalani perawatan di RS Lavalette, Malang. Setelah kondisinya membaik beliau memilih untuk dirawat di rumah meski sebenarnya dokter menyarankannya untuk tetap menginap di RS. Hingga akhirnya beliau wafat pagi ini.

Baca Juga Berita Terkini: PWNU Minta Nahdiyin lakukan Shalat Gaib Untuk KH Hasyim Muzadi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here