Berita Terkini: Mengintip Megahnya Pos Perbatasan Nanga Badau yang Usai Diresmikan Presiden Jokowi!

0
1116
Nanga Badau
Copyrigth©tribunnews

Berita Terkini: Mengintip Megahnya Pos Perbatasan Nanga Badau yang Usai Diresmikan Presiden Jokowi!

Indowarta.com– Pos Lilntas Batas Negara (PLBN) Naga Badau di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Barat telah dibangun ulang. Presiden Joko Widodo sendiri juga menginginkan PLBN ini dan juga PLBN yang lainnya di seluruh Indonesia diubah wajahnya menjadi lebih baik lagi.

PLBN Nanga Badau ini nampak lusuh sebelum mendapatkan penanganan ini. Struktur bangunan pun mulai rusak dan juga cat yang sudah memudar. Karena penampakan PLBN Indonesia yang berbanding terbalik dengan Pos Perbatasan Lubok Antu milik Negara bagian Serawak, Malaysia yang nampak lebih modern ini, telah membuat masyarakat Indonesia di perbatasan ini merasakan minder.

Namun demikian, pada saat ini kondisinya telah jauh berbeda dengan yang sebelumnya. PLBN yang pembangunannya sudah selesai 100 persen ini kini semakin nampak megah. Bangunan yang dulunya nampak lusuh, kini menjadi lebih modern lagi dan juga megah.

Jokowi pada saat peresmian PLBN Nanga Badau pada hari Kamis 16 Maret 2017 kemarin mengatakan bahwa semua sudah dibangung total. Pos lintas batas milik kita ini sekarang membanggakan kita dan tidak kalah dengan yang di sebelah.

Nanga Badau
Copyrigth©tribunnews

PLBN yang telah diresmikan ini merupakan pembangunan tahap 1 yakni zona inti PLBN di atas lahan seluas 8,8 Ha dengan total luas bangunan sebesar 7.619 meter persegi. Untuk biaya pembangunan ini mencapai Rp 153 miliar.

Bangunan yang berada di dalam zona inti ini meliputi Bangunan Utama PLBN, Pos Lintas Kendaraan Pemeriksaan, Bangunan Pemeriksaan Kargo, Bangunan Utilitas, Monumen, Gerbang Kedatangan dan Keberangkatan dan juga Hardscape dan Landscape Kawasan yang diharapkan bisa melayani hingga 360 pelintas per hari hingga tahun 2025 nanti.

Pembangunan Gedung PLBN Badau ini telah mengusung budaya lokal Kalimantan. Bangunan ini mengadaptasi bentuk bangunan khas Rumah Panjang., penggunaan Ornamen Lokal dan juga penerapan prinsip bangunan hijau atau yang sering kali disebut dengan istilah Green Building. Kini bangunan ini lebih megah dan juga menjadi lebih modern.

baca juga :

Berita Terkini: Dipecat PPP, Haji Lulung Buat Perlawanan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here