Berita Terkini: Prosedur Pemberian Fasilitas Mobil Negara Ke Mantan Presiden!

0
1153
mobil negara
Copyrigth©josstoday

Berita Terkini: Prosedur Pemberian Fasilitas Mobil Negara Ke Mantan Presiden!

Indowarta.com – Mobil Kepresidenan menjadi perhatian setelah diketahui bahwa salah satu mobil negara tersebut digunakan oleh Presiden RI ke – 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang saat ini telah dikembalikan ke negara.

Darmansjah Djumala selaku Kepala Sekretariat Presiden menuturkan bahwa pemberian mobil dari negara teruntuk mantan Presiden RI dan Wakilnya Presiden RI ada prosedurnya.

Djumala menjelaskan jika pemberian mobil negera untuk mantan Presiden beserta dengan wakilnya telah tertuang dan terjamin dalam Undang – Undang Nomor 7 Tahun 1978 mengenai Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden Serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden.

Setelah selesai menjabat maka presiden ataupun mantan wakil presiden memiliki hak untuk mendapatkan fasilitas yang berupa kendaraan atau mobil negara beserta dengan supirnya.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Inikah Hal yang Dibicarakan Jokowi dan SBY di Istana Hari Ini?

“Begitu sudah selesai masa tugas, sesuai UU nomor 7 tahun 1978, mantan presiden berhak untuk mendapat mobil dari negara beserta pengemudinya,” ucap Djumala ketika melakukan perbincangan dengan awak media pada Rabu (22/3) malam.

mobil r1
Copyrigth©otoNusa

Tidak hanya mobil negara, Djumala juga menambahkan bahwa mantan presiden dan wakil presiden juga memiliki hak untuk mendapatkan rumah, beserta dengan pengawalan khusus juga asuransi kesehatan dan jiwa.

“Kalau rumah itu diberi oleh negara. Tapi kalau mobil ada batasannya, tergantung dari beliau yang menggunakannya, nanti akan kembali ke negara,” ucap Djumala.

Ia juga mengatakan guna mendapatkan fasilitas itu, ada prosedur yang harus dilalui yaitu harus lewat Biro Umum di Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), yang kemudian biro tersebut membuat surat penyerahan mobil lalu disampaikan dan disimpan di Setneg.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Fadli Zon Sudah Menduga Bahwa Partai Demokrat Akan Netral Di Pilkada DKI Putaran Kedua!

“Nanti Biro Umum membuat surat penyerahan mobil, kemudian disampaikan dan surat itu disimpan di Setneg. Itu resmi, bahwa itu diberikan fasilitas untuk mantan presiden dan wakil presiden,” ucap Djumala.

Tetapi, mengenai mobil negara yang saat ini digunakan oleh SBY seusai dirinya tidak lagi menjabat sebagai presiden, tidak ditemukan adanya surat penyerahan seperti dalam prosedur. Apalagi mobil yang digunakan tersebut merupakan mobil Kepresidenan atau VVIP.

“Biasanya kalau untuk mantan itu diberikan mobil Toyota Camry 2.4 atau 3.0 dari negara. Kami punya banyak stok untuk mobil Camry ini. Kalau mobil Kepresidenan kan harusnya untuk mobilitas presiden, namanya juga mobil Kepresidenan” tutup Djumala.

BACA JUGA Berita Terkini: Partai Demokrat Bantah SBY Pinjam Mobil Negara!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here