Berita Terkini: FB Mulai Perkenalkan Fitur Penangkal Hoax!

    0
    1068
    Facebook
    Copyright©businessdayonline.com

    FB Mulai Perkenalkan Fitur Penangkal Hoax!

    Indowarta.com – Peredaran berita maupun informasi palsu (hoax) di dunia maya kini kian memprihatinkan. Maka dari itu untuk menekan penyebarannya, Facebook meluncurkan sebuah fitur baru yang diklaim sebagai penangkal hoax.

    Dikutip dari Mashable pada Jumat (14/3), fiturini pertama kali diumumkan pada Desember 016 lalu namun tampaknya ini merupakan kali pertama publik melihatnya secara viral. Fitur tersebut merupakan hasil kolaborasi dari FB dengan beberapa organisasi penguji fakta pihak ketiga.

    Fitur baru tersebut berupa sebuah opsi yang dapat digunakan pengguna untuk menandai sebuah artikel atau bentuk posting lainnya yang mengandung berita hoax atau dan sengaja dibuat untuk menipu.

    WAJIB BACA :  Beredar Luas Akun FB Di Probolinggo Ini Sengaja Hujat Tuhan dan Ibunda, MUI Turun Tangan !
    berita hoax
    Copyrigth©Facebook

    Sesuai dengan fungsi yang telah disebutkan, fitur penangkal hoax ini dirancang untuk memerangi penyebaran berita maupun informasi palsu di FB dan sebagai tanggung jawab Facebook untuk menekan peredarannya.

    Hal itu lantaran platform-platfrom media sosial termasuk Facebook, yang dituding secara luas ikut mendistribusikan artikel hiax atau menyesatkan sehingga dinilai turut bertanggung jawab atas hal itu.

    Dengan adanya fitur baru ini, pengguna nantinya akan mendapatkan peringatan saat mereka akan mencoba memposting informasi palsu. Apabila pengguna akan membagikan artikel hoax, maka akan muncul jendela pop up yang berisikan tentang peringatan yang menyatakan bahwa artikel tersebut telah diperdebatkan.

    Apabila tanda peringatan di klik maka akan muncul jendela pop-up berikutnya yang berisi tentang informasilebih lanjut tentang konteng yang dipermasalahkan.

    WAJIB BACA :  Viral di FB, Video Wanita Cantik Akan Berikan Nafas Buatan Tapi Pria Ini Mendadak Bertingkah Seperti . . . .

    Namun jika pengguna mengabaikan peringatan dan klik publish maka akan muncul jendela pop-iup lain yang menegaskan bahwa akurasi dari atikel tersebut diperdebatkan oleh banyak pihak penguji fakta.

    Namun jika pengguna tetap ‘ngeyel’ untuk memposting link artikel akan muncul timeline beserta dengan tanda peringatan. Untuk diketahui, tidak biasanya FB menguji sebuah fitur baru pada beberapa pengguna dulu sebelum menerapkannya seara luas pada layanan mereka.

    Facebook sendiri menolak untuk mengomentarai soal peluncuran fitur terbaru mereka tersebut. namun yang pasti, fitur tersebut belum tersedia untuk semua pengguna Facebook.

    Fungsi Facebook sendiri kini juga telah bergeser menjadi media sosial yang memuat banyak berita. Akan tetapi sangat disayangkan banyak pihak yang sengaja memposting atau memberikan tautan link yang berisikan kabar hoax untuk menipu publik.

    Baca Juga Munculnya Agama Angkasa Nauli di FB, Aliran Sesat yang Bikin Netizen Ngakak Guling-guling!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here