Sudah 5 Kali Mantan Presiden BJ Habibie Dikabarkan Meninggal Dunia!

0
909
BJ Habibie Meningga
Copyright©tstatic

Sudah 5 Kali Mantan Presiden BJ Habibie Dikabarkan Meninggal Dunia!

Indowarta.com – Kabar BJ Habibie meninggal dunia bukan sekali ini terjadi. Kabar hoax tentang meninggalnya BJ Habibie pada Kamis (30/3) banyak diterima oleh sejumlah orang lewat pesan berantai yang sebenarnya bukanlah hal baru lagi.

Bahkan dari sebuah penelusuran BJ Habibie telah dikabarkan meninggal sebanyak lima kali, yang juga melalui pesan berantai. Salah satu bunyi pesan berantai tersebut adalah sebagai berikut.

“Innalillahiwainnailahirajiun. Indonesia berduka atas kembalinya ke haribaan Allah SWT, Bapak Prof. Dr. Baharuddin Jusuf Habibie, mantan Presiden RI. Jasa dan pengorbanan Bapak akan menjadi amal jariah Bapak bagi rakyat, bangsa, dan negara ini. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah Bapak dan memberi tempat yang damai dan bahagia buat Bapak di alam sana.”

WAJIB BACA :  Isu Bacharudin Jusuf Habibie Meninggal Dunia di Jerman

Namun semua itu belum tentu kebenarannya, kebenaran dari keadaan dari BJ Habibie dapat diketahui kebenarannya melalui akun media sosial @habibiecenter. Akun ini biasanya yang aktif memberitakan mengenai mantan presiden RI yang ke – 3 ini.

habibie center
Copyrigth©Twitter

Dari beberapa sumber inilah isu mengenai isu meninggalnya BJ Habibie di kurun waktu 2012 sampai 2017:

Berita BJ Habibie meninggal dunia pertama terjadi pada sekitar 26 Februari 2012 di Jerman, berdasarkan kabar yang tersebar, ia sebelumnya kritis di salah satu rumah sakit di Jerman lalu meninggal.

Yang kedua kabar dengan pesan yang sama kembali beredar pada sekitar bulan Desember 2014 awal. Tidak diketahui siapa yang memulai mengedarkan isu ini. Dan untuk kedua kalinya pihak The Habibie Center mengklarifikasi berita itu lewat akun media sosial.

WAJIB BACA :  Terang Dubes Jerman Soal Jasa Besar Habibie Terhadap Hubungan Negaranya dengan RI

“Berita yang mengatakan BJ Habibie meninggal adalah TIDAK BENAR beliau sehat dan sedang istirahat dirumah. Mohon tidak menyebarkan berita yang tidak benar,”  tulis The Habibie Center di Twitter.

Kabar ketiga pesan yang  mengabarkan BJ Habibie meninggal dunia kembali menyebar pada Selasa 1 November 2016. Dan lagi – lagi akun The Habibie Center memberikan klarifikasi bahwa Habibie dalam kondisi yang sehat dan tengah merayakan tahun baru bersama cucu – cucunya di Jerman.

Dan lagi BJ Habibie dikabarkan meninggal lewat pesan berantai pada Rabu, 4 Januari 2017, yang langsung ditanggapi oleh The Habibie Center. Pihak Habibie Center mengatakan bahwa Habibie dalam keadaan baik – baik saja. Mereka juga menghimbau untuk tidak mudah percaya dengan berita itu apalagi menyebarkannya.

WAJIB BACA :  Presiden Jokowi Ungkap Penyebab BJ Habibie Dirawat di Rumah Sakit!

Serta yang baru – baru ini terdengar dan beredar di media sosial bahwa BJ Habibie meninggal dunia. Sejumlah akun pun mempertanyakan kabar tersebut dan akhirnya terjawab setelah The Habibie Center memberikan klarifikasi bahwa kabar meinggalnya BJ Habibie hanyalah hoax belaka.

Lebih lanjut mengenai kabar meninggalny tersebut, BJ Habibie pun menungkapkan bahwa dirinya tidak mempermasalahkan tentang kabar palsu tersebut.

“(Pemberitaan hoax meninggal dunia) Masa bodo saya itu. Kalian bisa lihat kan sekarang, apa saya meninggal?” ucap Habibie ketika berada di Habibie Ainun Library Patra Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (30/3).

BACA JUGA Berita Terkini: BJ Habibie Utarakan Harapan Ini Untuk Pemimpin DKI Terpilih !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here