Berita Terkini: Munculnya Polemik yang Kian Menggelitik dalam Sidang Ahok!

0
2651
Berita Terkini: Menanti Ketok Palu Hakim Dalam Sidang Penolakan/Penerimaan Eksepsi Ahok Hari Ini !
Copyrigt©Bintang

Berita Terkini: Munculnya Polemik yang Kian Menggelitik dalam Sidang Ahok!

Indowarta.com – Sidang kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kini telah memasuki ke – 17 pada Selasa (4/4). Sidang Ahok yang berakhir pada malam tersebut memiliki agenda untuk mendengarkan keterangan dari terdakwa sendiri dan juga pemeriksaan barang bukti.

Agenda pada sidang lanjutan yang sering di gelar pada hari Selasa tersebut kini memasuki babak penuntutan. Tetapi, belum digelarnya sidang Ahok yang ke – 18 itu menimbulkan kontroversi.

Hal itu dikarenakan adanya permintaan dari pihak kepolisian kepada pihak pengadilan agar sidang selanjutnya ditunda terlebih dahulu sampai dengan Pilkada DKI Jakarta pada Rabu (19/4) mendatang.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Rizieq Shihab Ajukan Yusril dan Mahfud MD Sebagai Saksi di Sidang Ahok !

Permintaan itu dikemukakan melalui surat yang ditandatangani oleh Irjen Pol Mochammad Iriawan selaku Kapolda Metro Jaya.

Berita Terkini: Eksepsi Mentah, Sidang Ahok Dilanjutkan Di Kementrian Jakarta Selatan pekan Depan !
Copyrigt©Poskota News

“Mengingat semakin rawannya situasi keamanan di DKI Jakarta, maka demi kepentingan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta akan dilaksanakan pengamanan tahap pemungutan suara pemilukada DKI Jakarta putaran II, di mana perkuatan pasukan Polri dan TNI akan dikerahkan semua,” ucapnya pada penggalan isi surat tersebut.

“Maka disarankan kepada Ketua agar Sidang dengan Agenda Tuntutan Perkara Dugaan Penistaan Agama dengan Terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk ditunda setelah tahap pemungutan suara Pemilukada DKI Putaran II,” tambahnya.

Permohonan penundaan sidang Ahok agenda penuntutan tersebut ditanggapi oleh anggota DPR sampai dengan calon gubernur DKI Jakarta yang juga adalah lawan dari Ahok di Pilkada DKI Anies Rasyid Baswedan.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Ahok Cabut Gugatan Banding Jaksa Kok Tetap Lanjutkan?

Wakil Ketua DPR yang sekaligus politikus PKS, Fahri Hamzah menuturkan, kasus tersebut telah masuk dalam ranah peradilan sehingga yang memiliki hak untuk mengatur adalah hakim serta kejaksaan.

“Persidangan ini yang berhak menentukan adalah majelis hakim, jadi jangan ada intervensi dari pihak mana pun. Semua itu harus dilakukan agar netralitas peradilan yang ada di Indonesia tetap terjaga,” ucap fahri ketika berada di Gedung Parlemen pada Jumat (7/4).

Ia juga selalu menekankan jika sidang Ahok tidak boleh adanya intervensi, sehingga proses serta mekanisme persidangan berjalan dengan baik. Ia menilai jika polisi mengirimkan surat pengunduran sidang tersebut akan menimbulkan asumsi publik bahwa polisi tidak netral pada hukum.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: 4 Saksi Dari MUI dan PBNU Akan Beri Kesaksian Dalam Sidang Ahok Besok !

Sedangkan Anies menghimbau kepada para penegak hukum untuk terus menegakkan keadilan. Menurutnya proses hukum harus terus berjalan dengan normal serta bebas dari intervensi.

Karena mengundang polemic, Irjen Mochammad Iriawan pun menerangkan maksudnya mengenai permintaan penundaan sidang Ahok kepada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Dirinya mengatakan bahwa hal itu hanya sebatas saran.

Ia menyarankan hal itu karena mengingat potensi konflik yang dapat terjadi menjelang Pilkada DKI putaran kedua. Pihak kepolisian khawatir akan ada pengerahan massa ketika pembacaan tuntutan berdekatan dengan pelaksanaan pencoblosan Pilgub DKI putaran kedua.

BACA JUGA Berita Terkini: Sidang Ahok Ditunda, Proses Hukum Anies Sandi Dihentikan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here