Berita Terkini: Bancana Tanah Longsor Terjadi Di Dusun Dlopo Nganjuk, 5 Korban Diduga Tertimbun!

0
1342
longsor Nganjuk
Copyright©Rakyat Independen

Bancana Tanah Longsor Terjadi Di Dusun Dlopo Nganjuk, 5 Korban Diduga Tertimbun!

Indowarta.com – Kondisi cuaca sering kali menimbulkan dampak bagi masyarakat. Seperti halnya hujan dengan intensitas tinggi yang sering kali menimbulkan bencana. Hal itu semakin di perburuk dengan kondisi lingkungan sekitar yang dapat menyebabkan banjir maupun tanah longsor.

Kemarin, Minggu 9 April 2017 sekitar pukul 13.00 terjadi bencana tanah longsor di Dusun Dlopo, Desa Kepel, Kecamatan Ngetos, Nganjuk. Lonsor Nganjuk tersebut berlokasi di perengan Jurang ondo. Bencana itu terjadi lantaran wilayah tersebut sempat diguyur hujan lebat.

Seperti yang telah disampaikan oleh Kepala BPBD Kabupaten Nganjuk Sukonjono pada Minggu (9/4). “Itu longsor susulan karena siang tadi hujan lebat 30 menit. Untuk korban masih indikasi diduga, belum bisa dipastikan karena posisi rumah warga di atas dan aman.”

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Keluarga Korban Tanah Longsor di Ponorogo Dapatkan Santunan Rp 15 Juta!
longsor nganjuk
Copyright©mediasulsel

Sukonjono juga mengatakan bahwa sebelumnya telah terjadi longsor Nganjuk. Longsor pertama terjadi tiga hari lalu. Material dari longsor tersebut juga menutup aliran sungai besar.

“Tiga hari longsornya lebih besar dan membendung aliran sungai dari Gunung Wilis. Dan siang tadi longsor susulan dan langsung meluncur ke sungai,” tuturnya.

Indikasi mengenai dugaan korban jiwa sendiri belum di pastikan. Namun misalnya ada mereka merupakan warga yang menonton lokasi longsor meski sebelumnya telah sering dilarang untuk mendekat.

Namun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan diduga ada beberapa orang yang tertimbun material longsor Nganjuk tersebut. Berdasarkan laporan dari BPBD Nganjuk, sebanyak lima orang diduga hilang tertimbun longsor.

WAJIB BACA :  Bertambah, Ini Idenditas 7 Korban Tewas Tanah Longsor Brebes!

Mereka adalah Kodri (15), Doni (23), Dwi (17), Bayu (14), dan Paidi (55). Korban beralamat di Sumberbendo, Ngetos dan Dusun Njati, Desa Blongko.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, berdasarkan laporan awal Pusdalops BPBD Kabupaten Nganjuk longsor tersebut jatuh ke sungai dengan ketebalan 10 meter.

Luas longsor Nganjuk sekitar tiga hektar. Sementara di daerah tersebut yang rawan longsor yakni seluas tujuh hektar. Di daerah tersebut banyak di tumbuhi tanaman cengkeh serta manga. Lokasi longsor juga jauh dari permukinan warga.  Di tempat tersebut juga ditemukan sejumlah rekahan dengan lebar bervariasi.

Baca Juga Berita Terkini: Berbagai Bantuan Dikerahkan Untuk Pencarian 25 Korban Hilang Longsor Ponorogo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here