Berita Terkini: BMKG Beri Penjelasan Soal Gempa di Selatan Jawa!

0
780
BMKG
Copyright©liputan6

BMKG Beri Penjelasan Soal Gempa di Selatan Jawa!

Indowarta.com – Kemarin Indonesia diguncang oleh gempa tektonik berkekuatan 5.0 skala richter (SR) yang terjadi di sebagian besar wialayah Selatan Pulau Jawa. BMKG akan memberikan penjelasan sendiri akan memberikan penjelasan terkait terjadinya gempa tersebut.

baca juga : Berita Terkini: Gempa Berkekuatan 5.0 SR Guncang Tasikmalaya, Wisatawan Panik!

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan jika gempa tersebut terjadi pada Sabtu, 22 April 2017 sekitar pukul 01:01:10 dini hari. Nampak pusat gempa sendiri berada di lepas pantai yakni Samudera Hindia.

Lebih tepatnya yakni terketak di koordinat 8,10 Lintang Selatan (LS) dan 117,86 Bujur Timur (BT) serta berjarak sekitar 58 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Sedangkan pusat gempa sendiri diperkirakan berada di kedalaman 63 kilometer dan berada di laut.

WAJIB BACA :  BMKG Berikan Penjelasan Soal Suhu dingin yang Dirasakan Belakangan Ini!
BMKG
Copyright©liputan6

Mengenai gempa Tasikmalaya ini juga dijelaskan oleh Mochamad Riyadi selaku Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG. Dia menuturkan jika guncangan juga dirasakan oleh beberapa orang di wilayah Tasikmalaya serta Sumedang.

BMKG mengatakan jika warga merasakan dengn getaran itu dan terlihat benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Riayadi mengatakan jika pihaknya mendapat banyak laporan yang mengatakan jika merasakan getaran gempa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here