Berita Terkini: Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Gubernur Terpilih DKI 5 Mei Lusa!

0
658
Gubernur DKI
Copyright©detik

Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Gubernur Terpilih DKI 5 Mei Lusa!

Indowarta.com – Kali ini tak ada gugatan berdasarkan perhitungan suaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera tetapkan Gubernur DKI. Pihak KPU DKI Jakarta akan segera telah mengesahkan pasangan calon yag unggul dalam perhitungan rekapitulasi suarayang dilakukan oleh pihaknya.

baca juga : Berita Terkini: Berbagai Peraturan Ahok yang Bakalan Dicabut Oleh Anies Baswedan Saat Jadi Gubernur DKI!

Tak adanya gugatan keberatan berdasarkan hasil perhitungan rekapitulasi dari tiap paslon maka akan segera dilakukan pengesahan terhadap paslon pemenang. Pengesahan Gubernur DKI dan Wakil DKI akan dilakukan di awal bulan Mei.

Mengenai hal ini disampaikan langsung oleh Sumarno selaku ketua acara rekapitulasi yang digelar di Hotel Aryaduta pada Minggu, 30 April 2017. Dia mengatakan jika nanti setelah rekapitulasi tidak didapati keberatan oleh tiap paslon di Mahkamah Konstitusi (MK) akan segera dilakukan penetapan pemimpin DKI Jakarta.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Mengintip Status Terdakwa yang Tersemat Pada Ahok Dan Nasibnya Sebagai Gubernur DKI !
ahok anies
Copyrigth©JPNN

‘Jika selama tiga hari kedepan tak ada keberatan yang disampaiakan kepada MK maka akan dilakukan pengesahan gubernu dan wakilnya. Pengesahan akan dilakukan pada 5 Mei 2017 lusa mendatang’ ujar Sumarno.

Jadi Gubernur DKI akan disahkan oleh pihak KPU DKI pada tanggal 5 Mei 2017 medatang. Hal tersebut karena hari kerja sendiri baru terhitung pada Selasa, 2 Mei 2017. Maka dari itu setiap paslon diberikan waktu tiga hari yakni mulai tanggal 2 hingga 5 Mei untuk menyampaikan gugatan kepada MK.

Sementara itu Sumarno menyamapaikan jika selisih suara bisa dibawa ke pihak MK jika suara selisih sebesar satu persen. Hal ini menurut UU 10/2016 tentang Pikada untuk provinsi yang bependuduk lebih dari 6 hingga 12 juta.

WAJIB BACA :  Langkah Bawaslu Dalam Perangi Hoax dalam Pilkada 2018!

Sedangkan seperti diketahui jika selisih antara Ahok dan Anies Baswedan terlampau banyak serta lebih dari satu persen. Namun pihaknya mengatakan jika nantinya ada gugatan ke MK dipersilahkan meskipun sudah ditentukan dalam peraturan undang-undang.

Gubernur DKI
Copyright©detik

Sumarno sendiri mengungkapkan jika pihaknya telah menyiapakan berkas-berkas jika natinya memang ada paslon yang melakukan gugatan. Hal tersebut dilakukan untuk membuktikan saat berada di MK jika nantinya ada gugatan.

Sementara itu terkait dengan Gubernur DKI sendir seperti diketahui jika telah dilakukan rekapitulasi dan menunjukan jika paslon Anies-Sandi unggul atas paslon Ahok-Djarot. Menurut presentase hasil pleno rekapitulasi menunjukan jika paslon nomer urut 3 itu unggul dengan 57,96 persen sedangkan Ahok-Djarot memperoleh suara 42,02 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here