Peringati Hari Kebebasan Pers Sedunia, Menkominfo Ajak perangi Hoax!

0
1017
Hari Kebebasan Pers Sedunia
Copyright©detik

Peringati Hari Kebebasan Pers Sedunia, Menkominfo Ajak perangi Hoax!

Indowarta.com Hari Kebebasan Pers Sedunia kali ini mendapat tanggapan serta dukungan dari Meteri Komunikas dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Kali ini dalam peringatan hari kebebasan pers ini mengajak seluruh kalangan untuk memerangi berita hoax.

baca juga : Mendikbud Minta Anak Didik Punya Daya Saing Tinggi Saat Peringati Hardiknas hari ini!

Rudiantara mengatakan dengan Hari Kebebasan Pers Sedunia ini perlu upaya untuk melawan adanya berita hoax. Bukan hanya masyarakat saja namun media massa yang sering menjadi sarana penebar berita bohong juga diharapkan ikut memrangi adanya berita hoax.

Seperti diketahui sering ali berita bohong atau hoax meresahkan bahkan merugikan. Bukan hanya di tanah air saja namun berita berita bohong ini juga sering muncul dan menjadi perhatian dunia internasional.

WAJIB BACA :  Polri Tanggapi soal Video hoax Jenazah Imam Samudra !
Hari Kebebasan Pers Sedunia
Copyright©detik

Rudiantara menjelaskan jika berita bohong ini sering kali muncul di media sosial dan terlihat selalu tidak memerhatikan akurasi kebenarannya. ‘Berita Hoax ini muncul sering dari medsos. Bagi mereka pembuat berita yang hanya mementingkan kecepatan dan tak memerhatikan akurasinya sehingga seringkali menjadi berita hoax’ uarnya pada Selasa, 2 Mei 2017.

Hari Kebebasan Pers Sedunia diharapkan dapat memerangi adanya berita hoax yang sering kali muncul. Rudiantara juga memberikan apresiasi terhadap adanya deklarasi dari sejumlah lapisan masyarakat yang ikut memerangi adanya berita bohong yang sering kali tersebar luas ini.

Sementara itu hal ini berita yang tidak benar sendiri sempat menjadi isu di sejumlah negara di dunia. Maka upaya pemberantasan akan dilakukan seperti yang diakukan oleh menteri luar negeri Rusia yang meminta badan PBB untuk perangi berita bohong.

WAJIB BACA :  Wajib Baca, Info Kesehatan yang Viral Ini Ternyata Hoax Lho !

Dengan ini Rudiantara menghimbau dan mengharapkan kepada media massa yang supaya melakukan pengecekan ulang sebelum di publikasikan. Hal tersebut dilakukan karena demi menjaga keterkaitan berita dengan apa yang terjadi sesungguhnya.

Hari Kebebasan Pers Sedunia
Copyright©detik

Bukan hanya itu dia juga menyampaikan jika undang-undang pers masih berlaku dan dibatasi oleh kode etik jurnalistik. Maka dari itu pihaknya mengharapkan agar teman media agar sealau meastikan berita yang akan dimunculkan apakah abenar atau tidak.

Hari Kebebasan Pers Sedunia atau Word Press Freedom Day juga dihadiri oleh beberapa pihak. Terlihat nampak hadir dalam pembukaan yakni Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo serta Frank Le Rue yang merupakan Asisten Dirjen Komunikasi danInformasi UNESCO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here