Malam Nisfu Syaban dan Amalan yang Musti Kamu Ketahui!

    0
    2620
    Malam Nisfu Syaban
    Copyright©warta.sumedang

    Malam Nisfu Syaban dan Amalan yang Musti Kamu Ketahui!

    Indowarta.comMalam Nisfu Syaban ini merupakan malam mulia yang menurut sebagian dari kalangan. Sehingga mereka pun telah mengkhususkan amalan yang tertentu pada bulan tersebut. Bulan Syaban merupakan bulan mulia yang terletak sebelum bulan suci Ramadhan. Diantara keistiewaannya ini bulan tersebut waktu dinaikkan amalan.

    Terdapat juga hadits mengenai bulan Syaban dari Usamah bin Zaid. Dirinya pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW bahwa dirinya pernah melakuan puasa yang lebih semangat dari pada puasa Syaban. Setelah itu Nabi Muhammad SAW menjawanya :

    ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

    WAJIB BACA :  3 Amalan Utama yang Bisa Dikerjakan Pada Malam Nisfu Syaban!

    Artinya : Bulan Sya’ban –bulan antara Rajab dan Ramadhan- adalah bulan di saat manusia lalai. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An-Nasa’i no. 2359. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

    Selain itu pada setiap pekannya ini amalam seseroang juga diangkat yaitu pada hari Senin dan Kamis sebagaimana yang telah disebutkan di dalam sebuah hadits :

    تُعْرَضُ أَعْمَالُ النَّاسِ فِى كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّتَيْنِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ إِلاَّ عَبْدًا بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ اتْرُكُوا – أَوِ ارْكُوا – هَذَيْنِ حَتَّى يَفِيئَا

    WAJIB BACA :  Menurut MUI, Malam Nisfu Syaban 2017 Akan Jatuh Pada Tanggal 11 Sampai 12 Mei, Jangan Sampai Lewat!

    Artinya “Amalan manusia dihadapkan pada setiap pekannya dua kali yaitu pada hari Senin dan hari Kamis. Setiap hamba yang beriman akan diampuni kecuali hamba yang punya permusuhan dengan sesama. Lalu dikatakan, ‘Tinggalkan mereka sampai keduanya berdamai’. (HR. Muslim no. 2565)

    Malam Nisfu Syaban
    Copyright©warta.sumedang

    Ada juga sebuah hadits yang menyebutkan mengenai keistimewaan dari malam Nisfu Syaban bahwa di amalm tersebut akan ada banyak pengampunan terhadap dosa. Di antaranya hadits dari Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :

    يَطَّلِعُ اللَّهُ إِلَى جَمِيعِ خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلَّا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ

    Artinya : Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya’ban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.

    baca juga :

    Berbagai Keistimewaan Bulan Sya’ban yang Musti Kamu Ketahui!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here