Kecelakaan Maut di Puncak: Bos PO Bisa terancam 18 Tahun Penjara!

0
948
Kecelakaan Maut
Copyright©tmpo

Kecelakaan Maut di Puncak: Bos PO Bisa terancam 18 Tahun Penjara!

Indowarta.com – Kecelakaan Maut di Puncak kini tengah diselidiki oleh pihak kepolisian guna menetapkan siapa yang bertanggung jawab atas kejadian ini. Perusahaan otobus (PO0 sepertinya akan dimintai keterangan lebih lanjut terkait kecelakaan ini dan terancam dengan hukuman pidana.

baca juga : Berita Terkini: Polisi Masih Cari Kernet Bus yang Hilang dalam Kecelakaan Maut Di Puncak!

Menurut Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Barat Komisaris Besar Thomex Kurniawan jika kini amsih dalam penyelidikan. Dia mengatakan jika polisi akan menjatuhkan pidana kepada bos bus PO karena dianggap lali menegnai keamanan.

Hal tersebut agar Kecelakaan Maut di Puncak seperti tidak terjadi lagi dan memberikan efek jera serta mematikan pengoperasian kendaraan angkutan umum layak untuk beroperasi. Hal ini dikatakan oleh Thomex Kurniawan saat ditemui di Bandung pada Selasa, 2 Mei 2017.

WAJIB BACA :  Tuduh Aktivis dan Ulama Lakukan Makar, Polisi Sudah Kelewat Batas?
Kecelakaan Maut
Copyright©tmpo

Dia mengatakan hal ini terkait dengan Undang-Undang 22/2009 tetang Lalu Lintas Angkutan pada pasal 315 ayat 2 dan ayat 3. Dalam pasal tersebut dijelaskan jika pemilik atau menejemen dapat terkena pidana dan rekomendasi yang dimiliki oleh perusahaan dapat dicabut.

Terkait dengan Kecelakaan Maut di Puncak ini sopir dan manejemen angkutan umum akan bertanggung jawab. Manejemen sendiri akan menerima hukuman lebih berat yakni tiga kali hukuman pidana sopir bus tersebut.

Sopir bus itu sendiri dapat dijatuhkan hukuman pasal 310 karena dinilai lalai dalam mengemukdikan kendaraannya. Sedangkan ancaman hukuman yakni maksimal 6 penjara dan denda sekitar 12 miliyar yang harus ditanggung.

Thomex mengatakan jika perizinan operasional angkutan umum ini nantinya juga akan dicabut. Hal ini dimintanya kepada Dinas Perhubungan dan Kementerian Perhubungan untuk segera mencabut karena adanya unsur kelalaian dalam mengoperasikan kendaraan umum.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Habib Rizieq Shihab Akan Penuhi Panggilan Polisi Hari Ini!
Kecelakaan Maut
Copyright©wiNetnews

‘Pemilik dan pengusaha pemilik angkutan umum dapat dikenakan pidana dengan ancaman tiga kali lipat. Saya juga sudah mengirim surat agar pengoperasian dicabut karena manejemen didapati adanya unsur kelalaian’ ujar Thomex Kurniawan.

Terkait Kecelakaan Maut di Puncak kini pihak kepolisian masih melakukan olah tempat kejadian guna menyimpulkan penyebab kecelakaan. Namun Pihak Polda Jawa Barat bersama Dinas Perhubungan mendapati jika sebagaian bus memang sudah tak layak jalan. Putusan hukuman nanti akan dilakukan di pengadilan guna menentukan siapa yang bertanggung jawab atas kecelakaan maut yang menewaskan 12 orang ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here