Berita Terkini: Abu Vulkanik Gunung Sinabung Menyembur 4 Kali Hari Ini!

0
1336
Berita terkini : Gunung Sinabung Erupsi Pagi ini, Tinggi Kolom Erupsi Capai 700 Meter !!

Berita Terkini: Abu Vulkanik Gunung Sinabung Menyembur 4 Kali Hari Ini!

Indowarta.comGunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini pun masih terus menunjukkan aktivitas vulkanik. Yang terbaru ini adalah gunung api ini berstatus awas level IV ini telah kembali menyemburkan abu vulkanik.

Asrori yang merupakan petugas pos pengamat Gunung Sinabung ini telah mengatakan bahwa sepanjang hari Rabu ini Gunung Sinabung telah tercata sudah empat kali terjadi erupsi. Yang pertama adalah terjadi di pukul 01.25 WIB, yang kedua terjadi pada pukul 05.09 dan yang ketiga ini terjadi pada pukul 09.22 WIB. Sementara itu yang keempat ini terjadi pada pukul 11.51 WIB.

WAJIB BACA :  Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2.5 KM!

Asrori menjelaskan bawha erupsi yang telah terjadi sebanyak empat kali ni tidak disertai dengan awan panas guguran. Erupsiu ini telah mengarah ke wilayah barat dan juga barat daya. Asrori menjelaskan bahwa semburan abu vulkanik tertinggi ini telah terjadi pada pukul 11.51 WIB dengan ketinggian dari abu vulkanik ini mencapai 1.500 meter.

Gunung Sinabung
Copyright©merdeka

Terkait dengan hal ini, Asrori telah memberikan himbauan kepada para masyarakat untuk tidak beraktivitas di radius 3 km dari puncak gunung Sinabung. Kemudian juga di sektor utara dan timur 4 kilometer, sektor timur tenggara 6 kilometer dan selatan tenggara 7 kilometer.

Asrori menegaskan “Erupsi susulan masih bisa terjadi. Masyarakat diminta selalu waspada dan mengikuti arahan dari pihak terkait. Cuaca saat ini cerah dan puncak gunung terpantau dari pos”.

WAJIB BACA :  Gunung Sinabung Erupsi Lagi Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 2,3 KM!

Sebelumnya pada 18 April 2017 yang lalu, Gunung Sinabung juga telah mengeluarkan lahar dingin akibat dari hujan deras yang melanda. Lahar dingin tersebut telah membawa material lumpur dan juga batu yang melintasi sungai.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karo Natanael Peranginangin mengatakan bahwa hujan telah mengguyur pada pukul 13.00 WIB di atas Gunung Sinabung dan juga Desa Merdinding. Sementara itu di desa Sukatendel ini tidak terjadi hujan. Lalu pada pukul 14.45 WIB secara tiba-tiba air di sungai alilran lahar dingin di Desa Sukatendel ini telah meluap dan membawa material dan lumpur.

baca juga :

Berita Terkini: Gunung Sinabung Terus Keluarkan Erupsi, Zona Merah diberlakukan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here