Begini Komentar Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota Dari Jakarta menuju Palangka Raya!

0
1717
Jokowi
Copyright©nasionalkompas

Begini Komentar Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota Dari Jakarta menuju Palangka Raya!

Indowarta.com– Diam-diam presiden Joko Widodo ini telah memberikan lampu hijau untuk melanjutkan kajian mengenai pemindahan ibu kota negara kepada Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Bappenas. Ternyata persiden Jokowi ini sangatlah serius atas gagasan yang sudah muncul semenjak lama tersebut.

Hal ini telah diungkapkan oleh menteri PPN/ Kepala Bappenas yakni Bambang Brodjonegoro pada saat wawancara dengan awak media di kantornya, Jakarta. Bambang pada  hari Senin 8 Mei 2017 ini mengatakan “Setuju, beliau yang meminta untuk dibuatkan kajian yang lebih serius. Kan wacananya sudah ada pernah ke Jonggol terus berhenti. Terus ada Palangka Raya juga”.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Jokowi Tolak Cabut Izin Pt Semen Indonesia yang Telah Diterbitkan Ganjar Pranowo, Kenapa?

Bambang sendiri memang telah memberikan laporan awal kepada Presiden Jokowi. Khususnya adalah mengenai kondisi dari Jakarta dan juga mengenai kemungkinan yang akan terjadi di dalam jangka pendek menengah dan juga panjang.

Jokowi
Copyrigth©waspada

Lalu tahapan selanjutnya adalah dilaporkan adalah terkait wilayah, calon ibu kota baru. Bambang mengatakan “Kita belum sampai kepada kriteria, untuk pendalaman kandidat wilayah. Karena perlu mengecek ketersediaan lahan yang sudah dikuasai oleh pemerintah”.

Bambang juga mengatakan bahwa Presiden Jokowi ini juga telah menyoroti mengenai keberlanjutan. Arinya adalah pada saat pemerintah sekarang ini memutuskan untuk perpindahan ibu kota, maka pemerintah selanjutnya haruslah meneruskan realisasinya.

Bamabng memaparkan “Pak Presiden bilang ke saya, jadi ini bagaimana caranya kalau ada kesepakatan untuk memindahkan ibu kota, maka pemerintahan selanjutnya diteruskan Jadi Presiden juga concern masalah keberlanjutannya. Ini juga pada semua program. Enggak bisa negara ini diurus per lima tahun”.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Jokowi Persilahkan KPK Periksa dan Proses Hukum Adik Iparnya !

Akan menjadi sangat berbahaya apabila pada saat nantinya pemindahan ini telah disepakati, namun di tengah jalan harus berhenti karena pemerintah yang sudah berganti.

Bambang menjelaskan “Kan gawat kita sepakat mindahin pusat pemerintahan ke luar Jawa terus Presiden berikutnya kita tetap di Jakarta. Kan ya enggak bagus sinyalnya. Kan enggak mungkin proyek besar selesai dalam lima tahun”. Bambang sendiri juga merasa sangat yakin bahwa ini bukanlah merupakan wacana saja.

baca juga :

Berbagai Isu Penggulingan Presiden Jokowi Dari Kursi Istana Nagara!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here