Patrialis Akbar Akan Menghadapi Sidang Tuntutan Hari Ini!

0
673
patrialis akbar
Copyright ©Twitter

Patrialis Akbar Akan Menghadapi Sidang Tuntutan Hari Ini!

Indowarta.com – Mantan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar akan menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta hari ini. Patrialis menjadi terdakwa kasus suap uji materi tentang Undang-Undang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Berdasarkan informasi dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, sidang tuntutan terhadap mantan hakim MK itu akan digelar pada Senin (14/8/2017) pukul 09.00 WIB, di ruang Kusuma Atmadja II/Kartika 2 lantai 1.

Patrialis Akbar didakwa telah menerima hadiah uang sebesar US$ 70 ribu atau sekitar Rp 4,1 juta serta janji sebesar Rp 2 miliar dari Basuki Hariman yang merupakan pemilik PT Impexindo Pratama, PT Cahaya Timur Utama, PT Cahaya Sakti Utama dan CV Sumber Laut Perkasa dan anak buahnya NG Fenny melalui Kamaludin.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Majelis Kehormatan Dewan Datangi KPK Siang Ini Demi Temukan Bukti Patrialis Akbar !

Baca Juga Patrialis Akbar Ngaku Gunakan ‘Ahok’ Demi Beri Kode Nama Penyuapnya!

Hadiah dan janji yang diberikan itu untuk mempengaruhi putusan perkara Nomor 129/PUU-XIII?2015 terkait Uji Materi Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan terhadap UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Patrialis Akbar
Copyrigth©makassartoday

Patrialis sendiri didakwa dengan Pasal 12c jo Pasal 18 UU RI Nomor 32 Tahun 1999 tentang Pemeberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 dan Pasal 64 KUHP.

Ementara itu, penyuap Patrialis, Basuki Hariman dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) pidana 11 tahun penjara. Selain itu, Direktur CV Sumber Laut Perkasa itu juga dituntut denda Rp 1 miliar subside 6 bulan kurungan.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: KPK Panggil Dua Hakim MK Terkait Kasus Patrialis Akbar !

Tak hanya Basuki, jaksa KPK juga menuntut anak buahnya, NG Fenny dengan hukuman penjara 10 tahun enam bulan dan denda Rp 250 juta subside tiga bulan kurungan.

Baca Juga Anggita Eka Putri Ungkap Awal Perkenalan dengan Patrialis Akbar!

Namun menurut Basuki, tuntutan 11 tahun penjara itu sangat berat untuk dirinya, anak-anak dan keluarganya. Ia mengatakan kalau anak-anaknya membutuhkan sosok ayah yang bisa merawat dan memenuhi kebutuhan mereka.

Penyuap Patrialis Akbar itu berjanji, ke depan akan lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan terkait dengan bisnisnya. Ia meminta agar majelis hakim bisa mempertimbangkan segara pembelaan dan memutus perkara seadil-adilnya.

Baca Juga Keberatan, Patrialis Akbar Bantah Dakwaan Jaksa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here