Kanker Serviks Bisa Dicegah!

0
2113
Kanker Serviks
Copyright ©CaraMedis

Kanker Serviks Bisa Dicegah!

Indowarta.com – Kanker Serviks, adalah salah satu penyakit mematikan yang mengincar kaum hawa. Menurut Data Globocan yang dirilis WHO/ICO Information Centre on HPV and Cervical Cancer tahun 2012, ada 26 perempuan Indonesia yang meninggal setiap jam karena penyakit ini dan diprediksi terdapat kasus baru setiap harinya.

Meski fakta terkini menyatakan bahwa kanker mulut rahim telah menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia, masyarakat masih kurang edukasi tentang penyakit ini dan belum menyadari bahwa kanker jenis ini dapat dicegah, memang ada beberapa edukasi yang harus diketahui supaya terhindar jauh-jauh dari penyakit ini, nah untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus dihindari lebih lengkap silahkan simak ulasannya di sini.

WAJIB BACA :  Sel Kanker Punya Kemampuan Untuk menipu Tubuh?

Tindakan terpenting untuk mencegah terjadinya kanker serviks yakni melalui vaksinasi HPV. Vaksinasi HPV membuat tubuh membentuk antibody terhadap virus HPV, sehingga virus yang masuk akan mati dan tidak sampai menimbulkan kanker mulut rahim ini.

Baca Juga Mencegah Kanker Serviks dengan Vaksin Ini!

Vaksin ini dapat diberikan kepada anak laki-laki dan juga perempuan mulai usia 9 tahun, bagi perempuan dewasa bahkan bisa diberikan sampai usia 55 tahun, jangan sampai gejala-gejala kanker serviks berikut ini menghampiri anda.

Kanker Serviks
Copyright ©champja

Sedangkan tindakan sekunder yang dapat dilakukan yakni melakukan deteksi dini dengan Pap Smear atau uji geologi yang membantu mendeteksi sel abnormal pada lapisan serviks sebelum menjadi pra-kanker servirks dan selanjutnya berkembang menjadi kanker.

WAJIB BACA :  Sariawan Tak Sembuh dalam 2 Minggu, Awas Kanker!

Simak Nih: Cara Pemeriksaan Tes Pap Smear

Jika hasil tes Pap smear dinyatakan positif terhadap adanya sel abnormal pada lapisan serviks, maka tindakan terapi dapat dilakukan untuk mencegahnya menjadi kanker.

Menurut Dr. Venita, Kepala Bidang Pelayanan Sosial Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta, selain dua tindakan di atas, pencegahan kanker mulut rahim ini juga harus didukung dengan kebiasaan pola hidup yang baik.

Baca Juga Sariawan Tak Sembuh dalam 2 Minggu, Awas Kanker!

Selalu menjaga kebersihan dimulai dari langkah-langkah higenis seperti cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Selain itu sebaiknya Anda membersihkan diri saat meninggalkan kamar mandi/toilet karena virus HPV juga dapat menyebar dari kulit, untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Penyebab Wanita Berpotensi Tinggi Kena Serangan Kanker Serviks bisa diketahui pada link ini.

WAJIB BACA :  Daun Sirsak, Obat Alami Penyakit Kanker!

Pola makan dengan gizi seimbang juga penting dalam upaya pencegahan kanker. Perbanyak makan sayur, buah dan makanan atau minuman yang kaya akan antioksidan. Hindari lemak jahat karena itu pemicu kanker yang paling utama.

Hubungan s*ksual di usia yang terlalu muda lebih beresiko terkena kanker serviks. Hal itu karena organ reproduksi wanita belum sempurna sehingga lebih mudah kena infeksi. Usia yang diperbolehkan untuk ‘berhubungan’ pertama kali bagi wanita adalah usia 18 tahun ke atas.

Baca Juga 5 Jenis Kanker yang Tak Memiliki Gejala, Hati Hati!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here