Penjelasan Kepsek SMPN 4 Demak Atas Kejadian Niken Lumpuh Usai Imunisasi MR!

0
1153
Imunisasi MR
Copyright ©detik

Penjelasan Kepsek SMPN 4 Demak Atas Kejadian Niken Lumpuh Usai Imunisasi MR!

Indowarta.com – Kali ini pemerintah Indonesia tengah gencar melakukan imunisasi dengan memberikan vaksin campak dan rubella (MR) disekolah-sekolah. Beberapa waktu terakhir ini salah seorang siswi SMPN 4 Demak atas nama Niken Angelia justru mengalami kelumpuhan setelah medapatkan Imunisasi MR.

Terkait kejadian yang dialami Niken yang lumpuh setelah mendapatkan Imunisasi MR ini juga dijelaskan oleh pihak sekolah. Kepala Sekolah SMPN 4 Demak, Mulyadi menjelaskan jika imunisasi ini dilakukan oleh pihak Puskesmas II Mulyorojo. Dalam pemberian vaksin campak ini diperuntukan untuk 780 siswa di SMP ini.

‘Sekitar 780 siswa SMP kami yang mendapatkan imunisasi ini. Siswa tersebut (Niken Anelia) memang mengikuti imunisasi MR yang dilakukan oleh Puskesmas II Mulyorejo’ ujarnya saat ditemui di kantornya di Desa Mulyorejo, Kecamatan Demak Kota pada Selasa, 15 Agustus 2017.

WAJIB BACA :  Imunisasi MR Capai lebih Dari 30 Juta Jiwa!

Mulyadi menambahkan jika tidak ikut andil dalam pemberian imuniasai dan hanya berwenang untuk mengkordinasi siswanya. Pihak sekolah hanya sebagai koordinasi siswa supaya mengikuti imunisasi MR ini karena sudah menjadi kebijakan dari pemerintah pusat.

Imunisasi MR
Copyright ©detik

‘Pada satitu kami hanya mengkoordinasikan dan pihak puskesmas yang menangani langsung dan memberikan imuniasi tersebut‘ ujarnya.

Menurut Mulyadi puhaknya telah melakukan pendatan siswa sebelum melakukan Imunisasi MR saat itu. Pendataan ini dilakukan untuk mengetahui siswa yang memiliki gangguan kesehatan, belum makan dan keluahan lainnya.

Dari data yang diperoleh remaja perempuan bernama Niken tersebut tidak termasuk serta tak mengeluhkan ada masalah kesehatan. ‘Dia (Niken Angelia) tak masuk dalam daftar. Bahkan setelah dilakukan imunisasi dirinya tak termasuk siswa yang dirawat di UKS’ ujarnya.

WAJIB BACA :  Penyebab Demam Pas Imunisasi MR!

Niken pun bisa pulang seperti biasanya dan tidak mengalami gejala apapun serta juga tak mengeluhkan apapun. Namun sehari setelahnya orang tua bocah perempuan ini melayangkan surat izin tidak masuk karena sakit.

Lantaran adanya dugaan jika Niken sakit karena diakibatkan oleh imunisasi, pihak sekolah SMPN 4 Demak langsung berkordinasi dengan pihak Puskesmas. Baik pihak sekolah maupun puskesmas pun menjenguk ke rumah Niken yakni di Desa Bangi Kecamatan Demak Kota.

Pihak sekolah sendiri mengaku belum mengetahui dengan pasti terkait kondisi Niken sebelum dilakukan Imunisasi MR. Menurut Mulyadi sekolah saat itu belum mengetahui apakah Niken mempunyai riwayat penyakit khusus atau tidak, namun dari pendataan awal sendiri dia dinyatakan tak ada keluhan.

baca juga : Inilah Sosok A Ju, Guru SMPK Penabur yang Kirim Chat Hot Sekaligus Video Hot Ke Siswi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here