Pentingnya Pemberian Vaksin Cacar Pada Anak Anak!

0
1155
Pemberian Vaksin
Copyright ©Istimewa

Pentingnya Pemberian Vaksin Cacar Pada Anak Anak!

Indowarta.com – Cacar air merupakan salah satu penyakit menular yang sangat rentan dialami oleh anak-anak. Sebaiknya, sejak usianya masih 1 tahun, pemberian vaksin cacar sudah harus dilakukan oleh orang tua.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Canangkan Kampanye Vaksinasi Campak dan Rubella!

Pada umumnya, cacar air merupakan sebuah penyakit ringan, namun akan dapat menjadi kondisi yang sangat bahaya kepada anak. Seperti menimbulkan infeksi pada kulit, kerusakan otak, mengganggu pernafasan, bahkan hingga menyebabkan kematian.

Penularan cacar ini dapat terjadi kepada anak jika  mereka mengalami kontak langsung dengan penderita cacar air, dan juga dapat melalui udara. Pada saat penderita batuk atau bersin, maka virus tersebut akan mulai menyebar melalui udara. Sehingga, hal inilah yang menadi dasar dari vaksin cacar perlu dilakukan sejak dini.

Pemberina vaksin cacar air merupakan vaksin yang mampu beberikan pencegahan kepada virus varicella zoster yang menjadi penyebab tibulnya cacar pada anak. Vaksin ini dibuat dari virus yang telah dilemahkan sehingga vaksin ini diberikan dengan cara disuntikkan ke tubuh.

Dengan adanya pemberian vaksin cacar ini. Maka sistem imunitas tubuh akan menjadi lebih baik lagi untuk memberikan perlawanan pada virus varicella zoster. Sedangkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sudah merekomendasikan untuk memberikan vaksin kepada anak pada usia 12 bulan. Dengan usia terbaiknya sebelum dia akan memasuki sekolah dasar.

Vaksin
Copyright ©Thinkstock

Sedangkan untuk anak yang usianya sudah mencapai 13 tahun, vaksin cacar dapat diberikan secara dua kali dengan jarak waktu selama 1 bulan. Untuk anak yang sudah mendapatkan vaksin bukan berarti dia akan kebal terhadap cacar air.

BACA JUGA : Tak Perlu Cemas Saat Atasi Demam Pada Bayi!

Resiko anak tersebut terkena cacar air masih tetap ada, akan tetapi, dengan pemberian vaksi cacar ini resiko terkena penyakit tersebut akan lebih kecil. Atau mengalami tingkat penyakit ini yang lebih ringan.

Tidak hanya itu, peberian vaksin ini juga berguna untuk dapat mencegah terjadinya komplikasi yang dinilai lebih bahaya dari akibat virus tersebut. Berikut akibat dari infeksi varicella:

  • Selulitis atau infeksi bakteri pada kulit
  • Ensefalitis atau radang otak
  • Gangguan perdarahan hingga sepsis
  • Munculnya bekas luka atau jaringan parut
  • Pneumonia
  • Reaktivasi virus varicella yang menyebabkan herpes zoster.

BACA JUGA : Mencegah Kanker Serviks dengan Vaksin Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here