Penyebab dan Cara mengatasi Infeksi Jamur Kulit!

0
3603
ilustrasi infeksi jamur kulit
Copyright ©Viva

Penyebab dan Cara mengatasi Infeksi Jamur Kulit!

Indowarta.com – Sebagian besar orang pernah mengalami infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur. Infeksi jamurpada kulit bisa terjadi pada segala usia, pria maupun wanita, dan merupakan infeksi kulit yang paling umum, yuk kenali penyebab dan cara pengatasi Infeksi Jamur Kulit.

infeksi jamur pada kulit yang ringan umumnya menimbulkan ruam pada kulit. Ruam itu tidak berbahaya, namun bisa terasa gatal dan mengganggu penampilan. Jamur merupakan organisme primitive yang hidup disekitar lingkungan kita, seperti udara, tanah, dan air.

Beberapa jenis jamur bisa tumbuh dalam tubuh hewan dan manusia. Sebagain besar berkembang biak dengan spora yang dapat tersebar di udara. Itu sebabnya, infeksi jamur paling sering menyerang bagian luar tubuh kita, seperti kulit dan juga kuku.

WAJIB BACA :  Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Tomat dan Jeruk Nipis!

Baca Juga Beragam Manfaat yang diperoleh Di Dalam Teh Serai!

Orang yang bergerak aktif dan berkeringat lebih sering terkena infeksi jamur kulit, terutama jika tidak berhati-hati dalam menjaga kebersihan kulit.

Penderita diabet merupakan kelompok yang rentan terkena infeksi jamur. Selain itu, infeksi ini juga sering ditemui pada bayi dan balita yang menggunakan popok. Namun secara umum, siapapun dapat saja terserang infeksi jamur pada kulit.

ilustrasi infeksi jamur kulit
Copyright ©alodokter

Berikut ini jenis dan gejala infeksi jamur pada kulit yang perlu diketahui:

  • Dermatofitosis (ringworm). Ruam pada kulit berbentuk lingkaran berwarna kemerahan dan gatal. Warna merah di bagian tepi lebih jelas, terlihat seperti cincin, dan berbatas tegas. Ringworm dapat menular, tetapi biasanya tidak menjadi parah. Bisa terdapat di kulit kepala, wajah, leher, atau di bagian tubuh lainnya.
  • Tinea pedis atau kurap kaki (athlete’s foot). Gejalanya berupa kulit yang mengelupas dan pecah-pecah di bagian kaki, terdapat kulit yang melepuh dan berwarna merah, terasa gatal serta perih. Infeksi jamur ini banyak ditemukan pada kaki olahragawan yang sering terbungkus oleh kaos kaki dan lembap. Umumnya timbul pada sela-sela jari kaki.
  • Tinea cruris (jock itch). Tinea cruris muncul di bagian-bagian lipatan kulit yang lemab dan hangat, misalnya bagian bokong, selangkangan, dan alat kelamin. Bagian kulit yang terinfeksi akan tampak kemerahan dan gatal atau perih. Sering terjadi pada pria usia remaja dan dewasa, atau orang yang sering mengenakan celana ketat.
  • Kandidiasis kulit. Infeksi ini disebabkan oleh jamur candida, dan dapat muncul di bagian tubuh mana pun, tapi biasanya lebih mudah muncul di daerah yang hangat dan lembap, seperti selangkangan dan ketiak. Kulit yang terinfeksi terlihat kemerahan dan terasa gatal.
WAJIB BACA :  Kebiasaan Baik yang Dapat Membuat Kulit Bebas Keriput!

Baca Juga Pemakaian AC Dapat Menyebabkan Berbagai Penyakit?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here