Setya Novanto Akan Bacakan Pidato Di Sidang Tahunan!

0
1076
Setya Novanto
Copyright ©Tempo

Setya Novanto Akan Bacakan Pidato Di Sidang Tahunan!

Indowarta.com – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan bahwa ketua Umum Setya Novanto tetap terjadwal membacakan pidato di sidang tahunan. Namun Setnov akan digantikan dengan pimpinan lainnya jika berhalangan hadir.

“Saya kira masih terjadwal ya, tetap dia (Novanto),” ujar Fadli Zon di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Rabu (16/8).

Sementara itu pergantian pimpinan yang akan membacakan pidato menggantikan Novanto dilakukan seusai mekanisme yang berlaku. Setelah itu Fadli Zon langdung berjalan menuju ruang sidang utama. Wakil DPR Agus Hermanto kemudian menyusul untuk menuju ruang sidang.

Baca Juga Jadi tersangka Usai Setya Novanto, Ini Peran Markus Nari Di Kasus Korupsi E KTP!

Diketahui, Ketua Umum Setya Novanto dijadwalkan membuka sidang tahunan bersama MPR. Ia bakal membacakan pidatonya di hadapan Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Sedangkan Jokowi sendiri akan melakukan pidato kenegaran dan membacakan nota keuangan dalam sidang tahunan ini.

WAJIB BACA :  Karena Setya Novanto, Posisi Politik Golkar di Jawa Barat Jadi Goyang!
Copyright ©Merdeka

Sebelumnya sempat diberitakan bahwa Ketu Generasi Muda Parta Golkar (GMPG), Ahmad Doli Kurnia, merasa keberatan apabila Ketua DPR RI, Setnov akan membuka sidang tahunan dan membacakan Nota Keuangan Negara.

Hal itu tentu berkaitan dengan penetapan Novanto sebagai tersangka atas kasus korupsi E KTP yang telah merugikan keuangan negara. Ahmad Doli mengatakan kalau seharusnya bangsa diajarkan untuk membangun etika dan moral yang baik.

Baca Juga Jadi Tersangka, Setya Novanto Terancam Penjara Seumur Hidup!

Selain itu ia juga mendesak Jokowi untuk menggantikan Setya Novanto dengan pimpinan DPR lainnya untuk membuka sidang tahunan maupun membacakan Nota Keuangan Negara. Ahmad Doli sendiri dengan tegas menolak Setnov membacakan teks proklamasi dalam upacara kemerdekaan 17 Agustus mendatang.

WAJIB BACA :  Setya Novanto Akan Hadir dalam Sidang Paripurna DPR Hari Ini?

Namun kabarnya Setnov tetap akan memimpin rapat paripurna pembukaan masa sidang I DPR tahun sidang 2017-2018 di Gedung DPR pada tanggal 16 Agustus mendatang.

Meski saat ini Novanto berstatus sebagai tersangka kasus E KTP, selama belum terjadi pergantian pimpinan, maka Ketua Partai Golkar itu tetap diberikan kepercayaan memimpin rapat dan menyampaikan pidato pembukaan.

Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Jeneral DPR RI, Achmad Djuned, Selasa (8/8), “Iya. tidak ada pergantian. Sampai sekarang masih Pak Novanto Ketua DPR. Jadi tetap beliau yang akan memimpin rapat paripurna”.

Baca Juga Setya Novanto Jadi Tersangka Korupsi E KTP, Golkar Tetap Junjung Tinggi Asas Praduga Tak Bersalah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here