Perawatan Kulit Untuk Buah Hati yang masih Balita!

0
665
Copyright ©Alodokter

Perawatan Kulit Untuk Buah Hati yang masih Balita!

Indowarta.com – Kulit balita terutama bayi yang baru lahir, sangatlah tipis. Kulit tipis ini juga menandakan kalau sistem kekebalan tubuh di kecil juga rapuh. Terkadang deterjen dan produk perawatan bayi yang mengandung bahan kimia pada pakaian bisa membuat kulit si kecil yang sensitive itu menjadi kemerahan, kering, ruam, dan gatal-gatal.

Selain itu di kecil juga renten terkena penyakit kulit umum seperti ruam popok, eksim, dan kulit kering. Untungnya, sebagian besar ruam atau penyakit kulit bayi tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya.

Karena kulit si kecil masih tipi, sensitive dan mudah iritasi, maka perawatan kulit balita pun jadi gampang-gampang susah, bun. Berikut ini beberapa tips perawatan kulit pada balita untuk melindungi dari iritasi.

WAJIB BACA :  Cara Mencerahkan Kulit dalam 7 Hari dengan 5 Perawatan

Baca Juga Tak Perlu Cemas Saat Atasi Demam Pada Bayi!

Mandikan, namun jangan terlalu sering

Buah hati Anda boleh dimandikan terlalu sering jika kulitnya kotor. Namun terlalu sering mandi justru membuat kulit Si Kecil kehilangan minyak alami yang melindungi kulit. Jika hal itu terjadi, kulit buah hati Anda bisa menjadi kering dan bahkan memperparah iritasi.

Sampai tali pusar lepas, bersihkan kulit Si Kecil (terutama pada lipatan di ketiak, leher, lutut, belakang telinga, jarak kaki, dan daerah sekitar alat kelamin) dengan lap basah bersih. Jika sudah bisa dimandikan, isi bak mandi buah hati dengan air setinggi 2 inci. Mandikan selama 3-5 menik dengan air hangat dan bersih sudah cukup membersihkan kulitnya.

WAJIB BACA :  Tips Masker Kulit Pisang Agar Wajahmu Semakin Berseri Seri!

Jika menggunakan sabun, gunakan sabun khusus bayi dan mengandung bahan alami yang cocok untuk kulit bayi dan pH yang cocok untuk kulitnya.

Sering mengganti popok

merawat kulit balita
Copyright ©molto

Perawatan kulit balita selanjutnya yakni mengganti popok, ruam popok pada kulit buah hati bisa saja muncul karena popok yang jarang di ganti lho bun. Jadi untuk mencegah timbulnya iritasi dan kulit kemerahan, disarankan untuk segera mengganti popok usai buang air kecil maupun besar. Jangan tunggu berjam-jam untuk mengganti popok.

Bersihkan kemaluan Bayi dengan air dan hamduk lembut yang bersih, bukan menggunakan produk kebersihan bayi yang mengandung pewangi atau alcohol.

Baca Juga Pentingnya Pemberian Vaksin Cacar Pada Anak Anak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here