Minimnya Edukasi Tentang Kanker Serviks!

1
2321
ilustrasi kanker serviks
Copyright ©Tribunnews

Minimnya Edukasi Tentang Kanker Serviks!

Indowarta.com  – Di kalangan masyarakat sekarang ini masih minim pengetahuan terkait dengan bahayanya kanker seviks dan juga paradikma yang salah terkait dengan penyakit ini, terlebih penyakit ini hanya terkena kepada wanita berusia lanjut sehingga membuat beberapa wanita yang pergi ke dokter sudah mengalami penyakit ini pada stadium lanjut.

BACA JUGA : Penyebab Wanita Berpotensi Tinggi Kena Serangan Kanker Serviks!

Padahal sebenarnya, penyakit yang berbahaya ini dapat terjadi kepada seluruh usia wanita, sehingga melakukan pemeriksaan pap smear sangat perlu untuk dilakukan sejak awal. Hal ini bertujuan untuk mengetahui adanya tidaknya virus human papilloma virus yang akan menjadi penyebab terjadinya kanker serviks, untuk mengenali lebih lanjut mengenai gejala kanker serviks bisa simak di sini.

WAJIB BACA :  Wanita yang Aktif 'Berhubungan Badan' Cenderung Menderita Kanker Serviks!

“Sekitar 70 sampai 75 persen orang  yang aktif secara seksual berpotensi  tinggi meningkatkan kanker serviks,” ujar dokter spesialis Obgyn Obgyn Siloam, Lippo Karawaci, Dyana Safitri Velies.

Ketahui Juga: Penyebab Wanita Berpotensi Tinggi Kena Serangan Kanker Serviks!

Pihaknya mengatakan, sebaiknya untuk secara berkala atau rutin dalam melakukan pemeriksaan pap smear. Ada dua waktu yang sangat baik untuk melakukan pemeriksaan pap smear ini. Yaitu pada saat wanita berusia dibawah 14 tahun dengan rentan waktu 6-12 bulan, untuk sekedar informasi saja bagi kalian yang ingin mengetahui cara pemeriksaan tes pap smear bisa simak di sini supaya bisa mempersiapkan diri sebelum pergi untuk melakukan tes.

WAJIB BACA :  Sel Kanker Punya Kemampuan Untuk menipu Tubuh?
Kanker Serviks
Copyright ©Wow Keren

Dan tiga kali melakukan pemeriksaan kepada mereka yang usianya sudah memasuki lebih dari 14 tahun, dengan rentan waktu 0-2-6, yaitu pada saat pertama kali, dua bulan kemudian, dan enam bulan kemudian.

BACA JUGA : Kanker Serviks Bisa Dicegah!

“Di RSU Siloam, dalam satu bulan tidak sampai 10 wanita yang ingin melakukan deteksi dini dengan melakukan pap smear,“ kata Dyana.

Sedangkan inveksi yang terjadi pada kanker rahim tersebut terjadi pada kurun waktu 20-30 tahun. Sedangkan ada beberapa cara untuk melakukan pencegahan terjadinya kanker seviks ini, diantaranya adalah setia pada satu pasangan, jangan melakukan hubungan seks pada saat usia remaja, gunakan pengaman dan melakukan pola hidup yang sehat.

WAJIB BACA :  Perhatikan, Ini Tanda Sel Kanker Sudah menyebarr Ke Tulang Belakang!

Sedangkan untuk pencegahan primernya dengan menggunakan vaksin HVP, dengan tujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mengonsumsi tablet khusus. Pencegahan sekundernya dengan pemeriksaan DNA HVP dan pap smear. Untuk beberapa perempuan yang sudah terkena kanker serviks ini sebaiknya melakukan pengobatan tersier seperti radiasi, operasi, kemoterapi, dan kemo-radiasi.

BACA JUGA : Mencegah Kanker Serviks dengan Vaksin Ini!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here