Muhammadiyah Tetapkan Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada Tanggal 1 September 2017!

0
2895
hari Raya Idul adha
Copyright ©republika

 Muhammadiyah Tetapkan Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada Tanggal 1 September 2017!

Indowarta.com – Muhammadiyah telah menentukan Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada tanggal 1 September 2017. Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Bidang Tarjih dan Tajdid, Yunahar Ilyas memastikan akan tetap menghadiri sidang isbat menetapkan awal Dzulhijjah 1438 Hijriyah.

Sidang isbat sendiri akan dilaksanakan oleh Kementerian Keagamaan (Kemenag) pada Selasa, 22 Agustus 2017. Menurut Yunahar meskipun Muhammadiyah sudah menentukan Hari Raya Idul Adha, namun pihaknya akan tetap hadir dalam sidang isbat tersebut.

PP Muhammadiyah telah menetapkan awal Djulhijah 1438 H berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal. Dikatakan Muhammadiyah mentapkan untuk 1 Djulhijah 1438 Hijriyah akan jatuh pada Rabu, 23 agustus 2017.

WAJIB BACA :  Viral Terkait Ahmad Dahlan ‘Pemimpin dan Bencana’, Begini Kata Pengurus Muhammadiyah !

Kemudian untuk hari Arafah 9 Dzulhijjah 1438 H akan jatuh pada Kamis, 31 Agustus 2017. Sedangkan Hari Raya Idul Adha 10 Djulhijjah 1438 H akan jatuh bertepatan dengan hari Jumat, 1 September 2017.

Iidul Adha
Copyright ©tirto

Yunahar sendiri mengatakan jika penetapan jatuhnya awal Dzulhijah 1438 H ini dilakukan awal tahun lalu bersamaan dengan penetapan bulan Ramadhan. ‘Kami sudah tetapkan bersamaan dengan penetapan waktu Ramadhan dan Idul Fitri lalu’ ujarnya saat ditemui pada Senin, 21 Agustus 2017.

Selain itu menurut Yunahar, meskipun ada perbedaan penentuan Hari Raya Idul Adha pihaknya mengaku akan tetap menghormati perbedaan tersebut. ‘Besok (22 Agustus 2017) insya Allah saya akan hadir. Kita hadir untuk jadi penonton untuk menghargai kebersamaan saja. Tapi Insya Allah Idul Adha akan dilakukan bersamaan karena hilal sudah tinggi dan tak ada masalah’ ujarnya

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan Mulai 27 Mei, Idul Fitri 25 Juni!

Namun yang menjadi kekhawatiran pihaknya jika terjadi perbedaan dengan Arab Saudi. Tapi meskipun khawatir, Yunahar sendiri tahun ini Indoensia dengan Arab Sudi tidak akan ada perbedaan.

‘Kalau hilal sudah ada di atas dua derajad Insya Allah tidak ada perbedaan, Saat ini hilal sudah tinggi kok‘ ujarnya.

Mengenai penentuan jatuhnya Hari Raya Idul Adha ini juga diugkapakan oleh Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah, Amin. Dia menuturkan jika sidang isbat akan digelar oleh Kemenag guna menentukan awal Dhulhijah 1438 H di Auditorium HM Rasidji, Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin Jakarta pada Selasa, 22 Agustus 2017 setelah magrib.

Kemenag sendiri nantinya akan mengundang sejumlah ormas islam yang ada di Indonesia guna melakukan koordinsi tekait hal ini. Sedangkan saat ini pemantauan hilal tengah dilakukan kurang lebih di 70 lokasi di seluruh Indonesia.

baca juga : Daftar 70 Lokasi Pemantauan Hilal Untuk Idul Adha!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here