Amalan Amalan Utama yang Sebaiknya Dikerjakan di Bulan Dzulhijjah!

    0
    1646
    Bulan Haji
    Copyright©celikalquran

    Amalan-Amalan Utama yang Sebaiknya Dikerjakan di Bulan Dzulhijjah!

    Indowarta.com Bulan Dzulhijjah yang dinanti banyak orang akhirnya datang. Hal ini berdasarkan hasil dari sidang isbat yang digelar oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, Selasa (22/8/17). Pemerintah sudah menetapkan 23 Agustus 2017 sebagai awal Dzulhijjah 1438 Hijriah.

    BACA JUGA : Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah, Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Tanggal 30-31 Agustus, Sekaligus Keutamaan Pahala Di Dalamnya !

    Bagi umat Islam, seberapa pentingnya kehadiran dari bulan Dzulhijjah ini? berikut beberapa penjelasan dari pengajar di Ma’had As-Sunnah Aceh, Ustadz Harits Abu Naufal, yang dikutib dari Serambinews, Rabu (23/8/17).

    Pada bulan ini, Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam  memerintahkan kepada kita untuk meningkatkan amalan shalih. Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

    WAJIB BACA :  Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah, Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Tanggal 30-31 Agustus, Sekaligus Keutamaan Pahala Di Dalamnya !

    “Tidak ada hari di mana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu: Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya: Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah? Beliau menjawab: Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun”. (HR. Bukhari)

    Ustadz Harits Abu Naufal mengatakan, dari hadits riwayat Al Bukhari Rahimahulla tersebut merupakan sebuah petunjukan kepada umat Islam untuk dapat meningkatkan amalan-amalan shalih dalam 10 hari di bulan Dzulhijjah.

    Beberapa amalan yang sudah dijelaskan oleh Ustadz Harits Abu Naufal, diantaranya:

    1. Menjalankan puasa 9 hari di bulan Dzulhijjah
    WAJIB BACA :  Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah, Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Tanggal 30-31 Agustus, Sekaligus Keutamaan Pahala Di Dalamnya !

    Dari Abu Qatadah rahimahullah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya”. (HR. Muslim).

    niat-puasa-sunnah-dzulhijjah
    Copyright©turkla
    1. Ibadah haji dan umrah

    Ada beberapa hadist yang menerangkan keutamaannya, salah satunya adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah Surga”.

    BACA JUGA : Muhammadiyah Tetapkan Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada Tanggal 1 September 2017!

    1. Bertaubat dari segela perbuatan yang pernah kita lakukan.
    2. Menjalankan Shalad Ied dan mendengarkan khutbah

    Tidak hanya di bulan Dzulhijjah, sebaiknya umat muslim terus berbuat amalan shalih.  “Banyak sekali peluang untuk kita mendulang pahala. Itu bukti begitu besarnya kasih sayang dan rahmat Allah kepada hamba-Nya. Masihkah kita sia-siakan?,” ujar Ustaz Harits.

    1. Tidak memotong kuku dan rambut.
    WAJIB BACA :  Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah, Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Tanggal 30-31 Agustus, Sekaligus Keutamaan Pahala Di Dalamnya !

    Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa saja yang ingin berqurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijah (1 Dzulhijah), maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berqurban.” (HR. Muslim)

    1. Meningkatkan amalan shalih lainnya dengan cara seperti membaca Alquran, berdoa, takbir, shalat sunnah, zikir, berjihad, sedekah, dan beberapa amalan lainnya.

    BACA JUGA : Bulan Rajab Tahun 2017 Jatuh Pada Tanggal 29 Maret, Berikut Keistimewaan dan Keutamaan Puasa Rajab!

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here