Bisakah Uang Korban First Travel Kembali?

0
1246
Copyright©Kumparan

Bisakah Uang Korban First Travel Kembali?

Indowarta.com – Belakangan ini publik tengah dihebohkan dengan warta penipuan yang dilakukan oleh First Travel. Tak main-main, pelaku berhasil meraup hingga ratusan miliar rupiah. Kini para calon jemaah yang merasa tertipu pun naik pitam dan meminta pertanggung jawaban dari pelaku.

Sementara itu, baru-baru ini Polri mengungkap, bos biro perjalanan umrah, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan telah menglihkan sejumlah hartanya yang diduga dibeli dari uang calon jemaah umrah.

Hal ini terungkap dari hasil penyelidikan Bareskrim Polri terhadap harta-harta tiga tersangka kasus penipuan dan penggelapan itu. Lantas, masih ada harapankah uang korban kembali?

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, ia belum bisa menjawab hal itu. Terlebih lagi penyidik masih menelusuri labih lanjut aset-aset tersebut. Polisi juga telah menyita rumah mewah milik pelaku dan beberapa unit mobil.

WAJIB BACA :  Vicky Shu Jalani Pemeriksaan Selama 4 Jam Terkait Kasus First Travel!
tersangka kasus First Travel
Copyright©Kompas

“Polisi tidak akan memberi harapan palsu. Kita ungkapkan fakta hukumannya saja seperti apa. Yang jelas polisi tidak ingin memberikan harapan dulu,” ujarnya pada Rabu (23/8).

Menurutnya, penelusuran yang dilakukan oleh penyidik  itu untuk mengetahui motif pengalihan nama aset First Travel. Nmun, dugaan awal menyebutkn kalau ada sejumlah kemungkinan yang mendasari pengalihn nama tersebut. Antara lain untuk membayar hutng serta pencucian uang.

“Seperti yang kami ungkap kemarin, dia kan pakai uang itu untuk membeli sejumlah hal. Misal, dugaan dia membeli restoran di London dan beli bermacam-macam benda. Kalau ini, bisa saja nantinya dilelang ketika dalam proses hukum lanjutan. Itu ranah jaksa,” ujarnya.

WAJIB BACA :  Forbes Tarik Kembali Penghargaan Wanita Inspiratif Anniesa Hasibuan!

Namun yang jelas, sejumlah aset sudah dialihnamakan. Seperti mobil-mobil mewah yang menjadi milik orang lain. Selain itu rumah yang berada di kawasan Sentul juga telah dijminkan. “Sudah dia agunkan kepada orang yang memberi pinjaman untuk bayar tiket,” tambah Setyo.

Sementara itu untuk kejelasan pengembalian uang, lebih baik korban First Travel mengajukan gugatan perdata. Gugatan terebut dapat diajukan bersamaan dengan proses pidana yang saat ini tengah berlangsung.

Menurut kabar yang beredar sebelumnya, berdasarkan penyelidikan yang telah dilakukan oleh pihak kepolisian, dari 70 ribu jemaah yang mendaftarkan diri dan telah membayarkan uang perjalanan umrah ke agen perjalanan ini, baru separuhnya yng diberangkatkan.

Baca Juga Reaksi Bos First Travel Saat Dicecar Pertanyaan Tentang Pakai Uang Jemaah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here