Ada Penyakit Serius Dibalik Kulit Gatal?

0
4268
Kulit Gatal
Copyright©info-menarik

Ada Penyakit Serius Dibalik Kulit Gatal?

Indowarta.comKulit gatal atau yang disebut dengan pruritus ini merupakan kondisi yagn sangatlah umum terjadi. Namun jika terjadi dalam waktu yang lama dan juga diiringi dengan gejala yang lain, kondisi ini akan menjadi salah satu indikasi penyakit yang lebih serius lagi seperti gangguna ginjal.

Rasa gatal bisa terasa pada area tertentu tubuh kita ataupun pada seluruh tubuh. Kulit yang kemerahan ataupun ruam merupakan gejala yang seringkali mengiringi rasa gatal tersebut. Pada umumnya kondisi yang seperti ini akan bisa reda dengan sendirinya ataupun akan hilang setelah ditangani dengan menggunakakn obat-obatan bebas. Namun ada kaanya bahwa Kulit Gatal ini tidak akan kunjung reda dan beresiko menjadi gejala aal adanya kondisi yang lebi serius lagi.

WAJIB BACA :  Cara Memutihkan Kulit Tangan Dan Kaki Secara Alami!

Mengenali penyebab dari rasa gatal itu pun juga penting untuk menentukan langkah penanganan selanjutnya. Tidak hanya diakibatkan oleh gigitan serangga saja yang menjadi penyebab Kulit Gatal paling umum, ada banyak hal yang lain juga yang bisa menjadi pemicu Kulit Gatal tersebut. berikut ini adalah beberapa penyebab rasa gatal pada kulit :

Kulit Gatal
Copyright©klimg
  • Penyakit atau kondisi kulit.
    Penyakit seperti eksim, kudin, psoriasis, folikulitis, prurigo ini juga menyebabkan rasa gatal. Pada umumnya rasa gatal muncul di area kulit tertentu saja seperti iritasi kulit, kulit merah hingga bintik merah.
  • Kulit kering atau xerosis.
    Kulit kering ini diduga menjadi penyebab dari rasa gatal tersebut. kondisi yang seperti ini biasanya telah teridentifikasi jika ada bintik merah ataupun perubahan lain yang tampak pada permukaan kulit. Kulit kering sendiri pada umumnya disebabkan oleh kondisi lingkungan.
  • Gangguan Saraf.
    Beberapa gangguan saraf seperti sklerosis multipel, diabetes, saraf terjepit, serta herpes zoster.
  • Penyakit dalam.
    Penyakit dalam seperti hepatitis sirosis, penyakit celiac, anemia defisiensi besi, gagal ginjal, gangguan tiroid, leukemia, dan limfoma.
  • Reaksi dari alergi ataupun iritasi.
    Alergi atau iritasi terhadap beberapa bahan pakaian seperti baju yang terbuat dari wool, benda dari karet, bahan kimia dalam sabun, kosmetik, alergi akibat makanan tertentu, biang keringat, serta alergi terhadap tanaman tertentu.

baca juga : 

Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear, Apa itu?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here