Perekam Video Polisi Lakukan Pungli Dapat Hadiah Dari Kapolda Kalsel!

0
1928
video polisi pungli
Copyright ©Tribunnews

Perekam Video Polisi Lakukan Pungli Dapat Hadiah Dari Kapolda Kalsel!

Indowarta.com – Unggahan video polisi pungli yang dilakukan oleh Ade Ridwan Syahroni di media sosial rupanya mendapat apresiasi dari Polda Kalimantan Selatan. Seperti diketahui, Ade mengunggan video yang memperlihatkan ulah dua oknum polisi yang meminta pungli dari sopir truk.

Tidakan Ade tersebut disambut baik Kapolda Kalimantan Selatan, Brigjen Rachmat Mulyana. Pemuda itu diberikan penghargaan dan handphone baru.

“Kami mengapresiasi warga masyarakat yang begitu peduli ketika melihat ada ketidakberesan yang dilakukan oleh oknum Polri ketika bertugas,” ujar Rachmat pada Senin (21/8), seperti dilansir akun Instagram Polda Kalsel.

Baca Juga Muncul Dugaan Pungli di PPDB SMP Di Brebes!

Selain itu Rachmat juga baru tahu adanya pungli yang dilakukan anak buahnya etelah melihat video polisi pungli yang diunggah Ade. Meski demikian, Rachmat tidak langsung percaya begitu saja. Ia lalumelakukan penyelidikan.

Setelah dilakukan penyelidikan, rupanya peristiwa itu memang benar adanya, oknum polisi tersebut kemudian dilakukan pemeriksaan oleh Propam Polda Kalsel.

video polisi pungli
Copyright ©Instagram

Sementara itu, sebelumnya beredar kabar kalau Kapolri Jenderal Pol Tito Karnvian menegaskan bahwa Polri tidak akan memberikan penghargaan kepada perekam video polisi pungli di Kalimantan Selatan tersebut.

Menurut Tito, siapapun bisa merekam video pelanggaran itu dan tidak perlu diberi perlakuan khusus. Meski begitu, Tito menganggap aksi warga tersebut merupakan hal yang positif. Video itu menjadi masukan Polri untuk berbenah dan memberikan sanksi pada anggota yang melanggar hukum.

Masyarakat bisa menjadi pengawas eksternal lantaran tidak semua kejadian bisa diawasi organisasi. Namun pernyataan Kapolri berbeda dengan apa yang disampaikan Kapolda kalimantan Selatan, Brigjen Rachmat Mulyana.

Baca Juga Berita Terkini : Polri Beberkan Tempat Paling Rawan Pungli, Proses Pembuatan SIM !

Ia menyatakan bahwa polisi akan memberikan penghargaan kepada sopir yang merekan aksi pungli yang dilakukan oleh oknum polisi.

Perlu diketahui, pada Selasa (8/8) lalu, Ade merekan aksi dua anggota Polsek Labuan Amas Selatan, Kalimantan Selatan, yang melakukan pungutan liar. Saat itu ada oknum polisi yang meminta uang, si sopir menawarkan Rp 50 ribu.

Namun oknum polisi itu yang diketahui bernama Aiptu M dan Bripka D, meminta Rp 100 ribu. Akhirnya si sopir memberikan uang tersebut. Video polisi pungli itu kemudian menyebar. Pihak Polda Kalses segera merespons. Dua oknum polisi itu kemudian diperiksa Propam dan terancam dipecat.

Selain itu pihak polisi juga meminta maaf atas insiden itu. Polda Kalsel menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggota kepolisian yang melakukan pungli.

Baca Juga Berita Terkini: Polisi Tangkap Dishub yang Lakukan Pungli di Tempat Parkir!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here