Minum Kopi Setelah Minum Obat, Boleh?

0
2135
Minum Kopi
Copyright ©popular-world

Minum Kopi Setelah Minum Obat, Boleh?

Indowarta.com – Banyak orang mungkin sudah tidak bisa meninggalkan kenikmatan dari rasa kopi, bahkan mereka tetap minum walau dalam kondisi kurang sehat. Namun apakah anda pernah memiliki sebuah pertanyaan apa efek dari minum kopi setelah minum obat?

BACA JUGA : Minum Kopi dan Dicampur dengan Air Kelapa, Khasiatnya Bikin Wanita Nagih!

Pada umumnya, dengan minum kopi maka kita akan merasakan segar dan terjaga, hal ini dikarenakan kandungan kafein pada kopi sudah merasang kinerja dari jantung dan otak kita. Namun kafein yang terdapat dalam kopi juga akan memiliki reaksi dengan beberapa jenis obat.

Salah satu contohnya adalah obat yang berfungsi untuk meredakan gejala flu dan hidung tersumbat, yaitu efedrin dan fenilpropanolamin. Jika anda minum kopi setelah minum obat tersebut maka detak jantung akan meningkat signifikan.

WAJIB BACA :  Manfaat Sehat dari Khasiat Minum Kopi Hijau!

Jelas hal tersebut dapat membahayakan bagi jantung. Hal yang sama juga dapat terjadi pada saat anda minum kopi setelah menum obat asma, seperti theophylline atau mirip dengan kafein, kelompok antibiotik kuinolon, pil KB, obat antipsikotik, dan antidepressant.

Kopi
Copyright©Fan Pop

Selain itu, bahaya dari minum kopi setelah minum obat adalah dapat menimbulkan keracunan pada seseorang. Hal tersebut terjadi karena kafein akan bertahan pada tubuh lebih lama. Itu sebabnya anda tidak diperbolehkan mengonsumsi kafein setelag minum obat.

BACA JUGA : Manfaat Daging Kambing Dan Efeknya Untuk Kesehatan!

Terlebih, kegunaan dari obat tersebut akan bereaksi cukup lama (bahkan tidak akan ada gunanya) jika anda minum kopi setelah minum obat. Karena kandungan dalam kopi ini akan menghambat proses penyerapan yang terjadi di dalam usus halus dan lambung.

WAJIB BACA :  Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Kopi!

Efek ini akan muncul pada beberapa jenis obat yang digunakan, diantaranya adalah esterogen, Antidepresan, beberapa jenis obat untuk gangguan tiroid dan osteoporosis. Dalam sebuah penelitian pada tahun 2008 lalu menyatakan, adanya penyerapan levorhyroxine yang merupakan salah satu obat yang digunakan untuk gangguan tiroid akan berkurang sebesar 55 persen jika minum kopi setelah minum obat tersebut.

Bahkan penyerapannya akan mengalami penurunan sebesar 60 persen setelah minum kopi, hal ini terjadi pada alendronate, salah satu obat osteoporosis. Sedangkan untuk perempuan, kopi juga mempengaruhi keseimbangan hormone.

BACA JUGA : Langsing dan Awet Muda Hanya dengan Air Hangat, Bisa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here