Mulai Besok, Paspor Korban First Travel Akan Dikembalikan!

0
1721
first travel
Copyright ©Merdeka

Mulai Besok, Paspor Korban First Travel Akan Dikembalikan!

Indowarta.com – Ada sedikit kabar baik bagi paracalon jemah umrah korban First Travel. Menurut Kanit 5 Subdit 5 Jatanwil Dit Tipidum Bareskrim Polri AKBP Rivai Arvan, proses pengembalian 14 ribu paspor calon jemaah umrah korban agen perjalanan tersebut akan dilakukan mulai Jumat lusa.

“Jadi mulai Jumat (25/8/2017) ya. Jumlah paspor sampai dengan saat ini yang kita amankan adalah 14 ribu. Ini yang akan dipilah nanti dan pengembaliannya akan menghubungi para pihak melalui agen maupun yang sendiri,” ujarnya.

Pengembalian paspor ini akan diprioritaskan kepda agen yang memiliki jumlah jemaah lebih banyak. Namun, apabila ada yang berkebutuhan mendesak, dia mengatakan bisa menghubungi kepolisian untuk segara dapat dikembalikan.

WAJIB BACA :  First Travel Akan Berangkatkan Jemaah dengan Modus Penipuan Baru!

Menurut penjelasan yang diberikan Rivai, teknis pengembalian itu tergantung pada pihanya sebagai pihak yang menyiapkan. “Dari Kamis kita pilah, jika sudah dapat mungkin yang terdekat dulu yang lewat agen, kita akan menghubungi mereka, jadi bukan mereka yang kemari, kita akan hubungi,” jelasnya.

korbn first travel
Copyright ©MerahPutih

Lebih jauh, terkait dengan pengembalian uang jemah, dia menegaskan pihaknya tidak memiliki kewenangan tersebut. Polisi, dalam hal ini penyidik, hanya bertugas pada pendatataan para jemaah yang menjadi korban.

Sementara itu, jumlah adukn korban First Travel yang terdata di Crisis Center Posko Pengadun Bareskrim terus bertambah. Pengadu melapor dengan datang langsung ke Bareskrim Polri dan mellui laporan email.

Angka korban yang mengadu secara langsung mencapai 6 ribu lebiih. Total itu belum termsuk korban yang mengadu melalui email. Selain itu polisi juga sempat membeberkan beberap brang bukti yang disita dalam kasus penipuan dan penggelapan uang calon jemaah umrah.

WAJIB BACA :  Mantan Karyawan First Travel Setidaknya Sebut Syahrini Terima Bayaran Rp 1 Miliar!

Barang bukti itu diantarannya, dokumen legalits, passpor, air softgan, amunisi dan foto rumah mewah juga kantor yang disita polisi. Barang-barang dan aset ini disita polisi dari tiga tersangka penipuan, yakni Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Kiki Hasibuan.

Hingga kini penyidik masih terus melakukan penyelidikan guna mencari aset lain yang diduga menggunakan uang hasil penipuan tersebut. Polisi sendiri telah menyita rumah mewah, beberapa unit mobil, dan kantor.

Fakta terbaru menyebutkan kalau pasangan Andika dan Anniesa memiliki restorant di London, Inggris. Saat ini kasus penipuan yang menjerat First Travel tersebut tengah menjadi sorotan masyarakat.

Baca Juga Intip Lebih Dekat Restoran Senilai Rp 15 M Bos First Travel di London!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here