Mengetahui Lebih Dekat Soal Penyebab Gatal di Telapak Kaki!

0
1974
kaki gatal
Copyright ©disehat

Mengetahui Lebih Dekat Soal Penyebab Gatal di Telapak Kaki!

Indowarta.com – Hal yang lumrah memang jika kita merasakan rasa gatal,  itu juga bisa terjadi dimana sata tak terkecuali di telapak kaki. Kaki sangat rentan gatal karena sebagian orang kerap membiarkan kakinya dalam kondisi berkeringat dan menggunakan berbagai jenis alas kaki.

Selain itu, beberapa hal penyebab gatal di telapak kaki seperti infeksi jamur, kelembapan, lingkungan yang menyebabkan kulit kering, bakteri, virus, gigitan serangga, infeksi tungau, dan lainnya.

Dalam dunia medis, rasa gatal yang mengganggu membuat seseorang ingin menggaruknya. Ternyata rasa gatal di telapak kaki tidak bisa dianggap sepele, karena bisa mengganggu keseharian Anda.

WAJIB BACA :  4 Bahan Berbahaya yang Musti Kamu Hindari Saat Lakukan Perawatan Kulit Wajah!

Gatal seringkali merupakan gejala dari penyakit tertentu, jika tak diobati dan atau sering digaruk maka dapat menyebabkan infeksi sekunder akibat luka garukan.

Baca Juga Waspada dengan Tinea Manum, Infeksi Jamur yang Bisa Menular!

 Ini dia penyebab gatal di telapak kaki:

Infeksi jamur pada kaki

Ini akan menimbulkan kulit yang terinfeksi menjadi gatal, merah, bersisik, kering, retak, atau bahkan melepuh. Ini disebabkan oleh jamur yang tumbuh dan berkembang biak di kulit. Jamur tersebut berkembang biak di tempat yang hangat, gelap, dan lembap, seperti pada kaki.

Infeksi jamur ini dapat dengan mudah menyebar. Namun ini bukan masalah yang serius, gtal yang disebabkan jamur ini harus tetap diobati untuk menghentikan penyebarannya . bisanya pengobatan meliputi krim, semprotan, atau cairan antijamur untuk membasmi jamur dan membantu menjaga kebersihan kaki Anda.

WAJIB BACA :  Cara Memutihkan Kulit Tangan Dan Kaki Secara Alami!
kaki gatal
Copyright ©detik

Kulit kaki kering

Kondisi ini juga cukup sering  terjdi pada kaki. Penyebab kulit kering sendiri adalah udara dingin, dehidrasi, kebiasaan mandi air panas, penggunan sabun yang berbahan iritatif, sering memoles kaki yang kring, dan pada penyakit diabetes. Pengobatannya dengan menghindari faktor pencetus dan menggunakan pelebab kulit.

Gigitan serangga

Jika penyebab gatal di telapak kaki anda karena gigitan serangga, Anda bisa menggunakan krim anti gatal untuk mengobatinya.

Infeksi tungau

Orang lebih mengenalnya dengan istilah kudis. Gejala khasnya yakni ruam dan gatal yang hebat dan memburuk di malam hari. Gerakan terus menuerus pada area gatal akan menyebakan infeksi. Anda bisa mengobatinya dengan salep, krim, lotion, dan obat oral yang meringankan gatal dan peradangan kulit. Ikuti pemakaian sesuai saran dokter.

WAJIB BACA :  Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Jahe, 3 Hari Langsung terasa!

Itu tadi beberapa penyebab gatal di talapak kaki, setelah mengetahui penyebabnya, Anda tetap disarankan untuk selalu menjaga kebersihan kaki.

Baca Juga Ada Penyakit Serius Dibalik Kulit Gatal?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here