4 Temuan Fantastis dalam Kasus First Travel!

0
1324
First Travel
Copyright ©Merdeka

4 Temuan Fantastis dalam Kasus First Travel!

Indowarta.com – Belakangan ini kasus biro perjalanan First Travel tengah menyedot perhatian masyarakat. Bagaimana tidak, agen perjalanan ini telah menipu dan menggelapkan uang milik puluhan ribu calon jemaah umrohnya.

Saat ini polisi terus menyelidiki kasus penipuan dan penggelapan agen perjalanan ini terhadap dana jemaah umrah. Hingga kini Crisis Center di Bareskrim Polri, Gambir, telah menerima labih dari 6 ribu aduan dari para korban penipuan yang datang langsung ke lokasi.

Dalam kasus ini, Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri telah menetapkan tiga orng tersangka yng merupakan bos PT First Anugerah Karya Wisata. Otak diblik penipun ini adalah Andika Surachman dibantu sang istri, Anniesa Hasibuan dan adik iparnya, Kiki Hasibuan.

WAJIB BACA :  Total Uang Korban First Travel Rp 848,7 Miliar, Tak Termasuk Hutang!

Tak hanya itu polisi juga telah menyita sejumlh aset milik ketiga tersangka. Di antaranya, rumah mewah, butik, beberapa unit mobil, kantor, dan beberapa aset lainnya. Dalam penyelidikan, polisi juga mengungkpkan fakta terbaru yang cukup fantastis di balik kasus penipuan ini.

Pertama, tak hany membeli sejumalh aset di Indonesia, bos travel ini diduga telah membelanjakan uang yag dikumpulkan dari ribuan jemaan untuk membeli aset di luar negeri, salah satunya sebuah restoran di London, Inggris.

first travel
Copyright ©Ist

Kedua, untuk menarik minat masyarakat untuk meggunakan jasanya, First Travel menggandeng artis. Mereka disebut-sebut turut diberangkatkan umrah secara cuma-cuma. Sebut saja penyanyi cetar, Syahrini yang direkrut untuk mempromosikan umrah murah. Tak tanggung-tanggung, keberangkatan Syahrini turut memboyong 18 anggota keluarganya.

WAJIB BACA :  Intip Lebih Dekat Restoran Senilai Rp 15 M Bos First Travel di London!

Ketiga, utang agen perjalanan ini disebut cukup mencengangkan. Dari pendataan dokumen yang dilakukan penyidik, jumlah utang mereka mencapai RP 848 miliar. Dan itu belum total keseluruhan, masih ada beberapa hutang mereka yang mencapai miliaran kepada pihak lain.

Keempat, Pusat Pelaporan dan Analisisi Transaksi Keuangan (PPATK) telah menelusuri dan menganalisis transaksi keuangan dari First Travel terkait kasus penggelapan uang calon jemaah umrah. Hasilnya, travel ini berhasil meraup dana senilai triliunan rupiah sejak tahun 2011 lalu.

Ia mengungkapkan, uang jemaah First Travel yang terkumpul diketahui penggunaannya mengalir untuk memberangkatkan jemaah ke Tanah Suci, diputar lagi untuk investasi, serta dibelikan aset untuk kepentingan pribadi bos First Travel.

Baca Juga Intip Lebih Dekat Restoran Senilai Rp 15 M Bos First Travel di London!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here