Antonius Tonny Budiono Direktur Jenderal Hubla Kedua yang Jadi Tersangka KPK!

0
833
Antonius Tonny Budiono
Copyright ©ccn Indonesia

Antonius Tonny Budiono Direktur Jenderal Hubla Kedua yang Jadi Tersangka KPK!

Indowarta.com – Kali ini Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Antonius Tonny Budiono ditetapkan menjadi tersangka. Antonius ditetapkan oleh Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) menjadi tersangka terkait kasus suap dan setelah ditetapkan secara resmi pria ini langsung ditahan.

Selain Antonius Tonny Budiono, KPK juga menetapkan tersangka lain yakni Komisaris PT Adhiguna Keruktama, Adiputra Kurniawan. Mengenai penetapan kedua tesangka perkara suap ini juga dijelaskan oleh Wakil Ketua KPK, Basaria Pandjaitan.

Dia menuturkan jika dugaan pidana korupsi Tonny dan Adipura ialah terkait lingkungan Direktorat Jenderal Hubungan Laut. Tonny sendiri diduga menerima suap berkaiatan perizinan pengerukan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah oleh tersangka Adiputra.

WAJIB BACA :  KPK Buka Penyelidikan Baru, Ada Tersangka Baru Kasus E KTP?

Tersangka Antonius Tonny Budiono diduga menerima uang pelicin dengan nilai Rp 20,74 miliar dalam bentuk sebagian mata uang rupiah dan sebagain lagi mata uang asing. Dengan ini KPK menjerat tersangka dengan pasal 12 huruf a dan pasal 12 huruf b atau pasal 11 da pasal 12 b Undang-Undag Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).

Antonius Tonny Budiono
Copyright ©tribunnews

Sedangkan tersangka lain yakni Adiputra selaku pemberi suap dijerat pasal 5 Ayat 1 huruf a atau apsal 5 ayat 1 huruf b atau pasal 13 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Sedangkan Antonius Budiono sendiri dilantik menjadi Dirjen Hubla pada pertengahan bulan Mei tahun lalu.

WAJIB BACA :  Jadi Tersangka, Ini Harta Kekayaan Zumi Zola!

Tonny dilantik menjadi Menteri perhubungan saat itu melalui serangkaian proses seleksi. Tercatat pria yang menyandang gelar Insinyur teknik goedesi dari Universitas Gajah Mada ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Logistik, Multimedia dan Keselamatan Transportasi.

Selain itu Tonny juga pernah menjabat sebagai Direktur Pelabuhan dan Pengerukan tahun 2015 dan Drektur Kenavigasian dalam kurun waktu tahun 2012 hingga 2015. Jabatan direktur ini ia dapat setelah mengarungi sejumlah petualangan di jabatan di sejumlah lembaga Kemenhub.

Antonius Tonny Budiono memulai kariernya di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada tahun 1986. Pria yang lahir di Pekalongan, 13 Juli 1958 ini mengawali kariernya di Kemenhub sebagai Staf Ditnav di Ditjen Hubla pada tahun 1986. Kariarnya terus menanjak hingga Tonny diangkat menjadi Disav Kelas I Surabaya tahun 2009. Kemduian dilanjutkan di Jakarta dengan menjadi Direktur Kenavigasian pada tahun 2012.

baca juga : Jokowi Akan Pimpin Pawai di Bandung Naik Kereta Pancasila!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here