James Wong Howe, Sinematografer Amerika Tionghua yang Nongol di Laman Google Doodle Hari Ini!

    0
    645
    James Wong Howe
    Copyright ©pikiran rakyat

    James Wong Howe, Sinematografer Amerika Tionghua yang Nongol di Laman Google Doodle Hari Ini!

    Indowarta.com – Google kembali menghiasi laman depannya dengan foto hitam putih seorang berpawakan Tionghoa pada Senin, 28 Agustus 2017. Ternyata pria bertopi tersebut ialah James Wong Howe yang tiba-tiba nongol di laman Google Doodle.

    James Wong Howe sendiri merupakan seorang sinematografer berdarah Tiongkok- Amerika Serikat. Hari ini maksud Google menghadirkan foto pria tersebut dalam sebuah Doodle untuk memperingati hari ulang tahunnya yang ke 118 tahun.

    Jimmy panggilan yang disematkan pada sosok pria ini dan ia terkenal dengan teknik pembuatan filmnya yang inovatif. Dia tetap berkarya menurut apa yang dipikirkannya meskipun mendapatkan perlakuan rasialis kala itu di negeri Paman Sam.

    WAJIB BACA :  Marshall McLuhan, Tokoh yang Telah Memprediksi Munculnya Web Ini Diperingati Oleh Google Hari Ini!

    Dia lahir di Guangzhou, Tiongkok sebelum berimigrasi ke Amerika Serikat ketika usianya menginjak 5 tahun. Setelah berpindah Jimmy dibesarkan di negeri Paman Sam terebut tepatnya di Kota Washingthon. Kesuksesan sebagai sinematografi tak diperolehnya dengan mudah.

    James Wong Howe
    Copyright ©tempo

    James Wong Howe sebelumnya harus bekerja keras sebelum mencapai keberhasilan dan kesuksesan di AS sejak remaja. Awalnya ia bekerja sebagai serabutan hingga akhirnya memulai profesionalitasnya di industri perfilman.

    Tercatat karier pertamanya ialah dengan mengantarkan film dan memunguti potongan-potongan dari lantai kamar pemotong studio. Dari sepanjang kariernya Jimmy menggunakan pencahayaan, pembingkaian dan gerakan kamera minimal untuk mengekspresikan emosi.

    Dia secara tidak segaja menemukan cara menggunakan latar belakang gelap guna menciptakan nuansa warna dalam film hitam putih. Bukan hanya itu, Jimmy pun juga mempelopori penggunaan lensa sudut (wide-angle), low key leighting serta pencahayaan warna. Selain itu dia juga memanfaatkan ‘crab dolly’ sejak awal atau dolly kamera dengan menggunakan empat roda dan lengan bergerak yang mendukung pergerakan kamera.

    WAJIB BACA :  Berita Terkini : Pasca Rayakan Hari Kebebasam Pers Dunia 2016, Google Rilis Doodle Seorang Jurnalis Amerika Bernama Jane Jacobs !

    James Wong Howe sendiri dikenal sebagai seorang sinematografi dengan kedalam fokus (deep focus). Pada gambar yang diambilnya kedua bidang baik depan maupun belakang tetap fokus secara bersamaan. Internasinal Cinematographers Guild menjadian Jimmy sebagai 10 orang yang paling berpegaruh dalam dunia film.

    Setidaknya ada 130 film yang pernah melibatkan pria ini yakni dalam kurun waktu 1923 hingga 1975. Dari seluruh film tersebut terdapat 10 film yang dianggap sangat fenomenal dan tak heran jika 10 film tersebut masuk dalam nominasi sinematografi terbarik. Dua diantaranya telah memenangi Piala Oscar yakni film berjudul ‘The Rose Tatto’ tahun 1955 dan ‘Hud’ tahun 1963.

    baca juga : Aturan Baru yang Ditetapkan Google Soal Konten Youtube!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here