Ada Gangguan Satelit Telkom, Ribuan ATM Bank Tak Bisa Beroperasi!

0
835
Gangguan Satelit telkom
Copyright©detik

Ada Gangguan Satelit Telkom, Ribuan ATM Bank Tak Bisa Beroperasi!

Indowarta.com – Dikabarkan sejumlah layanan bank terganggu karena anomali yang terjadi pada satelit I Milik Telkom. Gangguan Satelit Telkom ini memuat ribuan ATM tak bisa dioperasikan secara normal.

Akibat Gangguan Satelit Telkom salah satunya dirasakan oleh bank BCA. Sebanayak 5.000 ATM milik bank BCA tak bisa digunakan akibat terganggunya satelit milik Telkom ini. Menenia hal ini juga dijelaskan oleh Direktur Utama PT Bank BCA, Jahja Setiaatmaja.

Dia menuturkan jika akibat gangguan satelit Telkom I ini sekitar 30 persen dari total ATM Bank BCA mengalami gangguan. Selain itu Jahja mengatakan jika sebanyak 100 kantor kas juga merasakan dampak dari peristiwa ini.

Sekitar 5.000 ATM yang offline karena gangguan satelit telkom ini. Bisa dikatakan sebanyak 30 persen dari seluruh ATM dan 100 kantor kas keuangan juga mengalami gangguan’ ujarnya saat ditemui pada Minggu, 27 Agustus 2017.

Gangguan Satelit telkom
Copyright©kompas

Jahja menambahka akibat Gangguan Satelit Telkom hingga sekarang pihaknya masih melakukan upaya perbaikan. Upaya terebut dilakukan supaya layanan ATM bank BCA kembali berfugsi normal.

Tercatat dari 100 kantor kas yang mengalami gangguan, baru 65 kantor kas yang sudah pulih dan siap digunakan pada Senin, 28 Agustus 2017. Menurut Thahja pihaknya masih mengupayakan dan saat ini masih melakukan kontak dengan Telkom serta swiching Company.

Terkait kejadian ini bukan hanya bank BCA yang mengalami gangguan, namun sejumlah bank lain pun juga mengalami hal serupa. Bank yang mengalami gangguan termasuk bank-bank BUMN seperti halnya Bank BRI.

Menurt informasi bank BRI juga mengalami gangguan yakni sekitar 24 ribu ATM milik bank ini hanya sekitar 300 ATM yang terkena dampak gangguan satelit ini. Selain ATM, terdapat sekitar 130 kantor unit yang juga terkena pengaruh gangguan satelit telkom I ini.

Dampak ini dirasakan karena satelit Telkom I digunakan BRI untuk operasional ATM di daerah remote, terpencil atau terluar. Selain itu BRI pun juga menggunakan satelit Telkom ke BRISat yang membuat mayoritas ATM bank BRI saat ini menggunakan satelit milik sendiri.

Akibat Gangguan Satelit Telkom ini juga dirasakan oleh Bank Mandiri. Namun meskipun begitu pihak bank ini menilai jika gangguan tak begitu memberikan dampak negatif bagi layanan untuk nasabah. Dari sekitar 17.000 ATM hanya sekitar 2.000 ATM bank Mandiri yang mengguakan satelit Telkom I ini.

baca juga : Awal Mula Terbentuknya Sindikat Saracen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here